7.151 KPM Bantuan Beras Dampak Elnino

  • Bagikan
Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf melaunching penyaluran bantuan beras tahap kedua tahun 2023 untuk masyarakat kurang mampu (DISKOMINFO BUTENG FOR KENDARI POS)
Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf melaunching penyaluran bantuan beras tahap kedua tahun 2023 untuk masyarakat kurang mampu (DISKOMINFO BUTENG FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Andi Muhammad Yusuf meresmikan penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap kedua tahun 2023 bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Kelurahan Gu Timur Kecamatan Lakudo, Sabtu (30/9).

Andi Muhammad Yusuf mengatakan, saat ini elnino atau kekeringan sedang berlangsung di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut membawa dampak yang sangat signifikan pada kehidupan, salah satunya meningkatnya harga kebutuhan pangan terutama beras. Perubahan pola curah hujan dan suhu sangat mempengaruhi pertanian, menyebabkan gagal panen, yang berimbas pada naiknya harga gabah dan beras.

Oleh karena itu, penyaluran beras bantuan cadangan pangan pemerintah diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu, khususnya di Buteng.

"Pada kondisi seperti ini, pemerintah pusat dan daerah harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka meringankan beban masyarakat khususnya terkait dengan penyediaan pangan yang menjadi kewajiban pemerintah," ujar Andi Muhammad Yusuf.

Ia menambahkan, pemerintah pusat maupun daerah berupaya memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional telah memprogramkan bantuan pangan tahap kedua selama tiga bulan melalui Dinas Pangan kabupaten/kota seluruh Indonesia. Untuk Buteng, bantuan diberikan untuk 7.151 KPM dengan total bantuan beras sebanyak 71.510 kilogram. Setiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan masing-masing 10 kilogram beras selama tiga bulan.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban selama beberapa waktu kedepan. Pemerintah pusat dan daerah akan terus berupaya meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana kekeringan yang saat ini sedang terjadi," pungkasnya. (uli/b)

  • Bagikan