Siswa MAN 1 Kendari Melaju ke OBA Nasional

  • Bagikan
Siswa MAN 1 Kendari, Abdillah.
Siswa MAN 1 Kendari, Abdillah.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dua siswa MAN 1 Kendari berhasil menyabet juara pada jenjang lomba Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu. Selanjutnya, keduanya akan berlaga pada tingkat nasional pada November 2023 mendatang di Jakarta.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo mengatakan bahwa siswa yang dinyatakan sebagai juara, yakni Abdillah sebagai juara I dan Haikal Musaffar Mishbah sebagai juara II. Sebelumnya, kedua siswa tersebut telah dinyatakan sebagai juara pada lomba OBA tingkat Kota Kendari yang diumumkan pada Agustus 2023 lalu.

“Abdillah yang telah dinyatakan sebagai juara 1 tingkat Provinsi Sultra akhirnya kembali berlaga di tingkat nasional nantinya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa dalam kegiatan OBA tingkat provinsi Abdilah meriah nilai sempurna yakni 100, sedangkan Haikal Musaffar Mishbah itu 86,67. “Alhamdulillah dua siswa kami ini paling tertinggi dan mendapatkan nilai yang sempurna,” jelasnya.

La Tangkalalo pun mengaku sangat bangga dan berterima kasih kepada guru-guru pembimbing yang telah membimbing dan menemani hingga mendapatkan nilai yang sempurna. “Diharapkan kedua siswa kami itu tetap terus meningkatkan prestasi mereka,” harapnya.

La Tangkalalo juga menyebut, bahwa OBA yang memang bertujuan untuk membentuk insan Qur’an berharap output lomba tersebut dapat berimplikasi pada kehidupan sehari-hari dan bahkan semoga dapat menular ke siswa-siswa lain sehingga dapat membentuk sikap-sikap positif dan moral siswa. Hal ini tentu sejalan dengan visi dan misi MAN 1 Kendari. “Oleh karena itu, kegiatan seperti ini harus terus kita dorong dan kita dukung sepenuhnya,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan capaian prestasi yang sudah diraih siswa-siswa MAN 1 Kendari di bidang keagamaan tentu semakin menunjukkan jati diri madrasah. Menurutnya, sebagai lembaga pendidikan bercirikan Islam, madrasah menjadi wadah yang tepat dalam hal pengembangan minat dan bakat siswa di tengah gejolak perkembangan arus teknologi dan informasi saat ini. “Sebagai bentuk apresiasi sekolah, kami akan memberikan reward berupa uang binaan kepada siswa siswi kami yang telah mengikuti lomba. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk terus tetap giat dalam belajar,” pungkas La Tangkalalo. (win/b)

  • Bagikan