PT Sari Asri Rezeki Indonesia Gelar Pelatihan Antisipasi Kebakaran

  • Bagikan
PT. Sari Asri Rezeky Indonesia menggelar pelatihan Brigade Dalkarhutla di wilayah perusahaan, diikuti karyawan, Mangala Agni, Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat.
PT. Sari Asri Rezeky Indonesia menggelar pelatihan Brigade Dalkarhutla di wilayah perusahaan, diikuti karyawan, Mangala Agni, Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Perusahaan Perkebunan PT. Sari Asri Rezeki Indonesia, terus mengantisipasi risiko kebakaran hutan dan lahan di areal perkebunannya. Terbaru, perusahaan tersebut, menggelar pelatihan brigade pencegahan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla). Kegiatan ini diikuti dari Manggala Agni Sultra, pemerintah daerah, kecamatan, kepala desa, TNI, Polri, karyawan PT Sari Asri serta masyarakat Kecamatan Lalolae, Kecamatan Tinondo.

Manajer Legal dan Humas PT Sari Asri Rezeki Indonesia, Arief Pradipta menyampaikan, perusahaan terus berupaya mendukung program pemerintah dalam menangani kebakaran hutan dan lahan di Kolaka Timur (Koltim) . Untuk itu, pelatihan pelatihan Brigade Dalkarhutla serta simulasi pemadaman api ketika terjadi kebakaran, merupakan bagian dari antisipasi serta persiapan pemadaman kebakaran di sekitar areal perusahaan.

Sekretaris Daerah Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa, Kapolres Koltim, Manajer Legal dan Humas PT Sari Asri Rezeki Indonesia saat menyaksikan pelatihan pemadaman api

Menurutnya, dalam berinvestasi di Koltim senantiasa berkomitmen, terutama dalam menangani Karhutla. Dimulai dari antisipasi sampai dengan penanganan risiko kebakaran hutan dan lahan.

"Semua stakeholder harus bekerja sama dengan perusahaan untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Kami terus berupaya maksimal menangani kebakaran termasuk pencegahan pembakaran di lahan sekitar areal perusahaan," jelasnya, Rabu (27/9).

Arief berharap, kerja sama antara PT Sari Asri Rezeki Indonesia dengan pemerintah daerah, desa dan masyarakat senantiasa terjalin dalam antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Sebab, penanganan Dalkarhutla ini merupakan tanggung jawab bersama PT Sari Asri Rezeki Indonesia, telah berupaya dalam rangka antisipasi kebakaran. Diantaranya, pelatihan Karhutla tahap pertama di Konsel, pembentukan masyarakat peduli api di Koltim, peninjauan langsung tanggap pengedalian hutan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang baru digelar.

"Semoga upaya PT Sari Asri Rezeki Indonesia dalam mengendalikan kebakaran hutan dan lahan di Koltim jauh lebih baik. Tentunya dengan kerja sama antar perusahaan, pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat sekitar," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa, mengapresiasi PT Sari Asri Rezeki Indonesia yang telah menggelar pelatihan brigade Dalkarhutla dengan dilanjutkan simulasi pemadam.

Mantan Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman ini mengatakan, Pemda Koltim selalu mensupport kegiatan yang dilaksanakan PT Sari apalagi untuk mengantipasi kebakaran lahan dan hutan.

"Pemda Koltim juga terus mengantisipasi kebakaran hutan. Semua kecamatan sudah kita sampaikan untuk mengantisipasi kekaran hutan dan lahan. Pemda Koltim juga sudah menyiapkan anggaran menanggulangi bencana tibatiba termasuk kebakaran. Pelatihan ini sangat tepat, dengan dibimbing dari Mangala Agni Sultra," kata Andi Muh. Iqbal Tongasa.

Kapolres Kolaka Timur, AKBP Yudhi Palmi DJ menambahkan, pelatihan Brigade Dalkarhutla yang dilaksanakan oleh PT Sari Asri Rezeki Indonesia sangat baik dan tepat dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan areal perkebunan sawit.

"Apalagi pihak perusahaan telah menyiapkan segala kemungkinan yang dibutuhkan, seperti pembuatan kanal air dan bendungan untuk menahan air," imbuhnya. (kus/adv)

  • Bagikan