Karya Abdul Azis Memimpin Koltim

  • Bagikan
Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis (2 dari kanan) saat panen raya padi. Pembangunan daerah terus digaungkan Plt.Bupati Abdul Azis untuk memajukan Koltim. (KUSDIN / KENDARI POS)
Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis (2 dari kanan) saat panen raya padi. Pembangunan daerah terus digaungkan Plt.Bupati Abdul Azis untuk memajukan Koltim. (KUSDIN / KENDARI POS)

--Membangun Infrastruktur Menjadi Skala Prioritas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sudah satu tahun Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Abdul Azis memimpin daerah. Dalam setahun itu, Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis mempersembahkan karya pembangunan diberbagai sektor.
Di tengah keterbatasan APBD, Plt.Bupati Abdul Azis menggelorakan pembangunan infrastruktur dan suprastruktur.

"Program gerakan membangun dan melayani masyarakat (Gemas) menjadi acuan membangun Kolaka Timur yang lebih baik," ujar Plt.Bupati Abdul Azis kepada Kendari Pos, Jumat (25/8), kemarin.

Pada sektor infrastruktur jalan, Plt.Bupati Abdul Azis memastikan akses jalan mulus diaspal. Tak jarang ia turun langsung mengawasi pembangunan jalan.
Tahun 2022, jalan diaspal sekira 5,5 kilometer, perkerasan jalan 62,5 kilometer hingga pembukaan jalan baru.

Selain infrastruktur jalan, Plt.Bupati Abdul Azis fokus pada pembangunan fisik lainnya, baik infrastruktur pertanian. Tercatat, pembangunan jalan usaha tani tercatat 11 paket/titik, jaringan irigasi tersier sekira 11 paket/titik dan pembangunan dam parit.

Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis (tengah) intens turun lapangan dan memastikan program pembangunan berjalan lancar untuk memajukan Koltim. (KUSDIN / KENDARI POS)

Pada sektor pendidikan, Plt.Bupati Abdul Azis membangun perpustakaan SDN 2 Poli-Polia, merehabilitasi SDN 2 Putemata dan merehabilitasi perpustakaan SDN 2 Ladongi.

Pada sektor kesehatan, Plt.Bupati Abdul Azis menjamin kesehatan masyarakat Koltim dalam program KIS dan JKN melalui BPJS Kesehatan. "Masyarakat Koltim yang menjadi peserta BPJS sekira 107.000 jiwa atau 85 persen," ungkapnya.

Sedangkan yang tidak aktif mencapai sekitar 17.000 jiwa atau 15 persen. Kelompok yang tidak aktif terdiri dari penerima bantuan iuran anggaran pendapatan belanja nasional (ABPN) dan peserta mandiri yang belum membayar iuran. Tahun ini, 13.700 jiwa terdaftar di BPJS Kesehatan.

"Saya berkomitmen membangun daerah ini sesuai ketersediaan anggaran. Membangun Koltim untuk terus berkembang dan maju serta setara dengan daerah lainnya di Sultra, " tegas Plt.Bupati Abdul Azis.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba mengatakan, Pemkab Koltim dalam kendali Plt.Bupati Abdul Azis membangun infrastruktur pertanian guna meningkatkan produksi pertanian petani. Selain itu, memudahkan petani untuk memobilisasi hasil pertaniannya.

"Pembangunan jalan usaha tani dan jalan produksi pertanian dapat membantu petani dalam pengangkutan hasil tani dan petani tidak lagi mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk biaya angkutan dari lahan usaha petani," ujar Lasky Paemba. (kus/b)

  • Bagikan