Serapan APBD Belum Sesuai Target

  • Bagikan
Mahmud
Mahmud

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Serapan atau realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) terus dimaksimalkan agar dapat tercapai sesuai target. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepualauan (Konkep) melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) menyebut, hingga kini realisasi APBD 2023 baru mencapai lebih dari 30 persen. "Disemester ini kita targetkan capaian anggaran berada pada kisaran 40 persen. Tapi sejauh ini kita patut bersyukur karena serapan anggaran kita cukup optimal dan hampir mendekati target. Akan tetapi perlu kita sadari bahwa capaian ini masih perlu ditingkatkan pada tahun berikutnya diperiode yang sama," ujar Kepala BKD Konkep, Mahmud, Kamis (20/7).

Ia mengaku, untuk menyiapkan penyerapan anggaran yang optimal pada tahun depan, pihaknya akan gencar melakukan berbagai pelatihan. Mulai dari bagaimana merumuskan perencanaan hingga ketahap eksekusi di lapangan. "Perencanaan ini menjadi salah satu faktor penting menentukan progres capaian penyerapan suatu anggaran dalam satu tahun. Karena jika terjadi kesalahan dan kekeliruan dalam proses tersebut, maka akan berimplikasi pada serapan anggaran yang tidak optimal," ungkap Mahmud.

Ia menjelaskan, penyebab tidak tercapai target realisasi anggaran disebabkan karena perencanaan yang tak sistematis. Juga karena faktor sumber daya manusia menjadi salah satu penyebab rendahnya realisasi APBD Konkep. "Kita berharap agar terus terjalin kerja sama dan komunikasi yang baik antar semua pihak. Sehingga kerja-kerja kita dalam pengelolaan anggaran belanja untuk kesejahteraan masyarakat, bisa terwujud dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan," tandas Mahmud. (b/jib)

  • Bagikan