Rp 2 Miliar Bantuan untuk Penerbangan Dicairkan

  • Bagikan
Nurbahtiar Kepala BPKAD Wakatobi
Nurbahtiar Kepala BPKAD Wakatobi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penerbangan maskapai Wings Air di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, telah diaktivasi kembali, beberapa bulan lalu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendapatkan dukungan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Bantuan ini telah diberikan sejak tahun lalu dalam rangka konektivitas penerbangan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar, memastikan bantuan keuangan sebesar Rp 2 miliar dari Pemprov Sultra telah dicairkan. Tahun lalu bantuan serupa senilai Rp 1,5 miliar.

“Kalau dari Pemprov Sultra bantuan keuangan senilai Rp 2 miliar dalam rangka konektivitas penerbangan tahun ini sudah masuk ke kas daerah. Ini telah digunakan setelah konektivitas penerbangan,” ujarnya, Kamis (13/7).

Untuk bantuan keuangan lainnya, Nurbahtiar menyebut belum ada yang dicairkan. Apalagi ini baru memasuki pertengahan tahun 2023. “Kalau tahun 2022 ada tiga bantaun keuangan dari provinsi. Ada untuk perhelatan Wakatobi Wave, penerbangan dan infrastruktur. Semuanya cair. Kalau tahun ini baru bantuan untuk penerbangan yang masuk, lainnya belum,” tambahnya.

Menurut Nurbahtiar, dana dari anggaran pendapatan dan belaja daerah (APBD) Pemprov yang masuk itu sebagai bantuan keuangan. Pemkab Wakatobi yang akan mencairkannya. Namun dicantumkan sebagai pendapatan bantuan keuangan dari Pemprov Sultra ke Pemkab Wakatobi. "Kemudian belanjanya digunakan untuk apa, sesuai dengan penggunaan dari mereka,” pungkasnya. (c/thy)

  • Bagikan