Pekan Depan Ujian Masuk UHO Jalur Mandiri Digelar

  • Bagikan
La Ode Abdul Hamdan, Sub Koordinator Humas UHO

UHO Tetap Primadona Calon Maba

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Animo masyarakat Sultra untuk menempuh pendidikan di Universitas Halu Oleo (UHO) sangat tinggi. Sebagai perguruan tinggi negeri terbesar di Sultra, UHO masih menjadi primadona bagi calon mahasiswa baru (Maba). Indikatornya, calon Maba menempuh jalur mandiri agar menjadi bagian dari keluarga besar almamater UHO. Padahal, ribuan calon Maba sudah diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tulisan (SNBT).

Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, La Hamimu melalui Sub Koordinator Hubungan Masyarakat (Humas) UHO, La Ode Abdul Hamdan mengatakan, calon Maba yang belum berhasil lulus pada seleksi sebelumnya dapat menempuh jalur Seleksi Mandiri Masuk (SMM) UHO. "Rencananya, pekan depan, 10 sampai 14 Juli 2023, calon Maba akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SMM UHO," ujarnya kepada Kendari Pos, Kamis (6/7), kemarin.

Selanjutnya, 25 Juli pengumuman hasil UTBK SMM UHO. Tanggal 27 hingga 31 Juli 2023, pembayaran biaya pemeriksaan kesehatan dan 1 hingga 4 Agustus 2023, calon Maba mengikuti pemeriksaan kesehatan.

UHO membuka jalur mandiri sejak 19 hingga 30 Juni 2023. Sayangnya, Hamdan tak mengetahui persis jumlah pendaftar jalur SMM UHO sejauh ini. Hamdan juga tak memastikan jumlah kuota yang akan diterima di jalur SMM UHO. "Kita lihat setelah UTBK pekan depan," ungkapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya telah dilaksanakan pembukaan jalur SNBP. Sekira 2.102 orang dinyatakan lulus. Sedangkan untuk jalur SNBT sebanyak 3.149 calon Maba.
"Jumlah tersebut akan tersebar di 14 Fakultas yang ada di UHO," tutur Hamdan.

Hamdan mengungkapkan, calon Maba yang lulus jalur SNBT dan telah meregistrasi ulang, wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan (Pemkes) oleh tim Dokter dari Fakultas Kedokteran (FK) UHO. Nah, bagi calon Maba yang lulus jalur SNBT namun tidak meregistrasi ulang dinyatakan batal dengan sendirinya.

Pemkes akan dilaksanakan 11 hingga 14 Juli 2023. Bagi calon Maba yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat dianggap batal dengan sendirinya. "Demi kelancaran proses registrasi pada tahap-tahap selanjutnya, semua calon Maba diminta mengupdate informasi di laman resmi website UHO melalui http://uho.ac.id dan tidak terpengaruh pada informasi dari pihak atau oknum yang tidak bertanggung jawab," jelas Hamdan.

Pembayaran biaya Pemkes dilakukan secara online melalui salah satu dari e-channel BNI, ATM BNI, mobile banking BNI, I-Bank Personal BNI, BNI sms banking, ATM bersama, OVO, atau via transfer dari bank lain. "Pembayaran mulai 6 hingga 10 Juli 2023 dan bukti pembayaran disimpan untuk ditunjukkan pada tim medis saat Pemkes. Panduan pembayaran Pemkes sendiri dapat diakses melalui laman resmi website UHO," tutup Hamdan. (win/b)

  • Bagikan