Haliana Terus Majukan IKM

  • Bagikan
Bupati Wakatobi, H. Haliana (kiri) ketika melakukan kunjungan ke Kementerian Perindustrian dan berkomunikasi langsung dengan Dirjen IKMA, Reni Yanita untuk berdiskusi terkait . perkembangan IKM di otoritanya

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Perkembangan pelaku industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Wakatobi terus mengalami peningkatan. Meski demikian, Bupati Wakatobi, H. Haliana, terus berupaya terus mengembangkan sektor tersebut. Ia melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk berkolaborasi di Kementerian Perindustrian. Ia baru saja mengunjungi Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI, untuk berdiskusi agar pelaku IKM di otoritanya kian maju.

Haliana berkesempatan berkomunikasi langsung dengan Dirjen IKMA, Reni Yanita. “Kami membahas perihal pelaku IKM di Wakatobi yang semakin berkembang. Sekaligus melihat peluang program yang ada di Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian agar bisa bersinergi di Kabupaten Wakatobi,” ujar Haliana, Kamis (8/6). Dalam pertemuan itu, Haliana mengaku senang karena mendapat banyak masukan bermanfaat dari Dirjen IKMA untuk pengembangan IKM.

Wakatobi-1 itu sangat mendukung kemajuan IKM di Wakatobi. Dalam kegiatan atau event nasional, ia kerap mempromosikan IKM hingga UMKM. Khususnya pada perhelatan Wakatobi Wave akhir tahun 2022 lalu. Haliana menjelaskan industri kreatif dan ekonomi digital sebagai salah satu upaya dalam mendukung dan memerkenalkan serta memperluas pemasaran produk ekonomi kreatif dan UMKM yang ada di Wakatobi.

“Dalam rangka meningkatkan nilai jual dan kualitas produk UMKM kreatif Lokal Wakatobi, Pemerintah Kabupaten Wakatobi bekerja sama dengan Bank Indonesia, Kemenparekraf RI, mendukung berbagai peningkatan sumber daya manusia pelaku dalam bentuk berbagai macam workshop. Termasuk bantuan teknis dan pameran produk ekonomi kreatif dan ekonomi digitalisasi yang dirangkaikan dalam perhelatan Festival Nasional Wakatobi Wave 2022,” tandas Haliana. (c/thy)

  • Bagikan