Peringati Hari Anak Nasional, Ruksamin Komitmen Memenuhi Hak Anak

  • Bagikan
Asisten I Pemkab Konut, Paul Patri Dinar (dua dari kiri) mewakili Bupati Konut, Ruksamin pada peringatan Hari Anak Nasional, Kamis (15/12), kemarin. Turut hadir Bunda PAUD Konut yang diwakili Hj. Sarlina Abuhaera (kiri) yang juga istri Wakil Bupati Konut, Abuhaera.


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Anak-anak di Kabupaten Konawe Utara (Konut) mesti berbangga punya bupati sekaliber Bupati Ruksamin. Sang bupati sangat serius menangani berbagai isu terkait perlindungan anak.

"Bupati Konut Ruksamin berupaya memberikan perlindungan dan mengupayakan pemenuhan hak anak di Tanah Oheo," ujar Asisten I Pemkab Konut, Paul Patri Dinar saat mewakili Bupati Ruksamin pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 di Aula Hotel Oheo, Kamis (15/12), kemarin.

Paul Patri Dinar menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut dalam kendali Bupati Ruksamin akan bersama-sama Bunda PAUD Konut untuk melindungi hak anak.
Komitmen pemerintah itu diaktualisasikan dengan menjamin pemenuhan hak-hak anak sebagai perwujudan kabupaten layak anak seperti yang dicanangkan pemerintah pusat.

Pemkab Konut berpandangan anak adalah generasi penerus bangsa, yang nantinya akan menjadi pemegang kendali pemerintahan. Sehingga anak merupakan aset berharga bagi bangsa yang harus dilindungi dan dibentuk karakternya.

"Implikasinya anak akan tumbuh sebagai generasi yang memiliki sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter, yang nantinya akan berkontribusi terhadap daerah," tutur Paul Patri Dinar mengutip pernyataan tertulis Bupati Konut, Ruksamin.

Mantan Kepala Inspektorat Konut itu menuturkan Bupati Ruksamin menitip pesan khusus kepada tenaga pengajar dan orang tua untuk selalu mendampingi, menuntun dan memberikan perlindungan kepada anak-anak untuk belajar dengan bersungguh-sungguh.

"Karena bangsa ini merupakan warisan yang nantinya akan diturunkan kepada mereka, maka tanamkan nilai-nilai kebangsaan, moral, toleransi serta kuatkan persatuan dan kesatuan. Tumbuhkan kebiasaan berpikir kritis dan analitis sehingga tidak mudah terombang-ambing oleh hoax dan budaya bangsa lain yang masuk secara masif," pesan Bupati Ruksamin seperti dikutip Paul Patri Dinar.

Menurut Paul Patri Dinar, Bupati Ruksamin mengajak seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bersinergi melindungi, memenuhi hak dan mengembangkan potensi anak-anak Konut. Tujuannya, agar mampu berdaya dengan karakter yang kuat, tangguh dan berkualitas, yang nantinya diharapkan dapat mewujudkan Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing (Konasara).

Kegiatan itu dihadiri jajaran Forkopimda Konut, Bunda PAUD Konut yang diwakili Hj. Sarlina Abuhaera dan guru-guru PAUD se-Kabupaten Konut. (min/c)

  • Bagikan