Sosok Inspirasi dan Panutan Bagi Karyawan

  • Bagikan
Hj. Siti Salma Dachri, S.E., M.M

Hj.Siti Salma Dachri SE,MM

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tiap tanggal 22 Desember di Indonesia, diperingati sebagai Hari Ibu. Momen yang tercetus dari Kongres Perempuan I, pada 22 Desember 1928 itu, hingga kini menjadi ajang apresiasi kepada kaum wanita hebat. Banyak kaum hawa telah berjuang dan berkontribusi dalam membesarkan bangsa ini, melalui peran masing-masing.

Sosok ibu, bagi Hj.Siti Salma Dachri merupakan, seseorang yang harus memiliki kekuatan, untuk menjadi pengayom. Baik untuk anak-anaknya, maupun orang-orang di sekelilingnya. Mereka punya banyak peran dalam kehidupan. Peran sebagai istri, ibu, bahkan bisa menjadi pahlawan bagi banyak orang. Itu lantaran, tidak sedikit wanita secara tidak langsung, melakukan banyak kebaikan bagi orang di sekelilingnya.

Sosok Hj.Salma bagi orang-orang sekelilingnya merupakan panutan. Peran Siti Salma, selain sebagai ibu bagi anak-anaknya, serta istri bagi mendiang suaminya, juga harus mengelola banyak karyawan setiap harinya. Hal itu tak lepas dari keberadaannya sebagai Direktur PT Bua Poleang serta beberapa usaha lainnya. Sehingga, membuat wanita kelahiran Cimahi 63 tahun lalu ini, menjadi sosok penting bagi kehidupan mereka.

"Memiliki banyak SDM (karyawan) tidak mudah. Kita harus memahami karakter mereka satu per satu, demi tercapainya tujuan perusahaan," jelas wanita berhijab ini.

Hal penting bagi Hj.Salma adalah menjadikan mereka sosok yang bermanfaat bagi dirinya. Artinya, selain mereka bekerja memenuhi target perusahaan, pihaknya juga memberikan keleluasaan kepada karyawan untuk mengembangkan kemampuan diri. Hal yang selalu ditekankan kepada karyawannya, yakni harus fokus dalam menekuni satu bidang. Sehingga bisa profesional.

"Saya selalu wanti-wanti mereka untuk fokus. Insya Allah, semua itu akan bermanfaat bagi mereka. Bukan hanya saat bekerja di perusahaan saya, tapi juga saat mereka mandiri ke depannya. Itu semua akan sangat bermanfaat," jelasnya.

Bagi Siti Salma, perusahaan tempat bekerja bukan hanya sekadar tempat mencari nafkah. Namun juga merupakan tempat belajar supaya menjadi profesional. "Karena kehidupan ini panjang, tidak selamanya seseorang berada di satu tempat. Harus ada peningkatan, silahkan mengembangkan kemampuan untuk menjadi lebih baik lagi," beber wanita yang sering diundang di beberapa tempat untuk menjadi motivator atau menjadi pembicara pada kuliah umum ini.

Kepiawaian Hj.Salma dalam memimpin karyawannya tidak diragukan lagi. Tidak sedikit mantan karyawannya yang juga sukses di luar sana. Bahkan, ada yang mandiri berbekal ilmu dari gemblengan Hj.Salma. Ada juga yang sukses menjadi abdi negara.

"Prinsip saya, hidup ini harus bermanfaat bagi orang lain. Peran ibu bagi saya sangat penting. Mereka adalah madrasah bagi anak-anaknya. Selain anak sendiri, karyawan perusahaan juga anak-anak saya di kantor. Jadi saya harus memberikan contoh yang baik, mengarahkan ke hal yang baik untuk menjadi bekal hidup mereka," ucapnya.

Bagi Hj.Salma, sosok ibu atau wanita itu sangat berperan dalam pembangunan. Terutama pembangunan SDM, baik dari skala rumah tangga maupun skala besar di masyarakat. Apalagi saat ini, sudah banyak aktivis wanita. Bahkan perana wanita dalam dunia politik sudah 30 persen. Itu artinya kaum wanita juga punya peran dalam memajukan negara khususnya Sulawesi Tenggara.

Hj Siti Salma saat berada di Pabrik Semen Tonasa bersama rekanrekannya

"Bagi yang sudah sukses dengan jabatannya,jangan lupakan lingkungan dan masyarakat. Jangan terlena dengan posisi dan kesibukan. Berbuatlah untuk ummat, untuk orang di lingkunganmu agar menjadi panutan. Sekaligus inspirasi karena memberi manfaat bagi yang lain," imbuhnya.

Senang Berorganisasi

Menduduki jabatan direktur, tak membuat Hj.Siti Salma Dachri berpuas diri. Di tengah kesibukannya mengelola perusahaan, dia juga aktif bergaul di luar. Ibunda dari drg.Hj.Dawalyati ini, menjadi pengurus beberapa organisasi wanita.

Menurut Hj.Salma, wanita harus berwawasan luas. Salah satu caranya, bergaul dengan banyak orang. Baik dalam urusan sosial, keagamaan, maupun politik. Tak heran, dengan prinsipnya itu, dia bisa memegang peranan penting dalam organisasi. Beberapa jabatan yang diemban Hj Salma, seperti Ketua BKMT Kecamatan Mandonga, Wakil Ketua BKMT Provinsi, Ketua Muslimat Nahdatul Ulama Kota Kendari, Ketua Bidang Pemberdayaan Wanita Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Kendari. Termasuk keterlibatannya di bidang politik dengan bergabung di organisasi Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI) Sultra. Di bidang bisnispun, Hj.Salma masuk dalam kepengurusan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia Sultra, serta Ikatan Pengusaha Indonesia Sultra.

Keterlibatannya di organisasi, diakui Hj.Salma, membuatnya selalu belajar hal-hal baru. Karena baginya, belajar tidak mengenal usia. Dengan bertambahnya ilmu, tentunya membuatnya lebih bijak dalam melakukan tindakan dan mengambil keputusan. Apalagi keberadaannya sebagai pemimpin perusahaan di PT Bua Poleng sejak tahun 1989 hingga sekarang, tentunya membutuhkan banyak pengalaman, agar lebih maju lagi.

"Mengelola SDM butuh pengetahuan luas. Menjalin kerja sama dengan mitra, juga butuh wawasan. Sehingga, menjalin silaturahmi dengan berorganisasi itu bisa menambah wawasan," tuturnya. Hal itu pula yang Hj.Salma ajarkan kepada anak-anaknya. Dia tekankan supaya selalu berhubungan baik dengan orang sekitar, baik karyawan ataupun mitra kerja. (lis/adv)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : Hj. SITTI SALMA DACHRI, SE.,MM
TTL : Cimahi, 28 Oktober 1959
Agama : Islam

Keluarga
Suami : Alm. HM.Dachri Pawakang
Anak : drg.Hj.Dawalyati Pawakkang

Riwayat Pendidikan :
1.Sekolah Dasar ( SD ) Negeri 10 Watampone Sulawesi Selatan, Lulus Tahun 1972
2.Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) Negeri II Watampone, Lulus Tahun 1975
3.Sekolah Menengah Tingkat Atas ( SMA ) Kartika Chandra Kirana Ujung Pandang Sulawesi Selatan, Lulus Tahun 1979
4.Sarjana Muda Ekonomi Universitas Hasanuddin Ujung Pandang Sulawesi Selatan, Lulus Tahun 1983
5.Sarjana Ekonomi Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara, Lulus Tahun 2008
6.Pasca Sarjana Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Lulus Tahun 2011

Riwayat Pekerjaan :
Direktur PT. Bua Poleang Kendari Tahun 1989 s/d Sekarang

Riwayat Organisasi :

  1. Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama Cabang Kota Kendari
  2. Kaukus Politik Perempuan Indonesia ( KPPI ) Sulawesi Tenggara
    Bidang Media
  3. Ketua Bidang Pemberdayaan Wanita Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI ) Kota kendari
  4. Bendahara BKMT Provinsi Sulawesi Tenggara
  5. Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara Bidang Perdagangan
  6. Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara
    Bidang Perdagangan
  7. Bendahara Palang Merah Indonesia Kota Kendari
  • Bagikan