Silda-Grasi, Akses Data Daerah Lebih Mudah

  • Bagikan
Sekab Bombana Man Arfa melaunching apliasi Silda-Grasi, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Data Terintegrasi (Silda-Grasi) di pelataran Kantor Bupati. Layanan berbasis digital yang dicetuskan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfo) Bombana untuk memudahkan pengelolaan data dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Bidang Statitik Diskominfo Bombana, Nasriadi, mengungkapkan Silda-Grasi suatu aplikasi berbasis digital yang dapat mengelola data dengan akurat dari OPD, sehingga memudahkan pihak-pihak yang berkepentiingan untuk mengakses data yang dibutuhkan. Aplikasi ini akan menyinkronisasikan data –data dari setiap stakeholder, baik dari pembina data, Koordinator data, wali data maupun dari produsen data, agar dapat dijadikan sebagai indikator kinerja organisasi untuk menjadi rujukan dalam rencana pembangunan,” ungkapnya kepada Kendari Pos setelah Sekab Bombana Man Arfa melaunching Silda-Grasi.

Pencetus Silda-Grasi itu menyebut untuk mengoptimlakna kinerja aplikasi ini, beberapa stakeholder juga ikut serta terlibat baik dari internal maupun eksternal untuk dijadikan sebagai implementasi yang berkelanjutan. Baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Pihaknya berharap, Silda-Grasi ini dapat membantu meningkatkan kinerja OPD, sehingga memungkinkan semua pihak dapat mengakses data dan informasi yang dibutuhkan.

Selain itu, Nasriaadi berharap melalui aksi perubahan yang dilakukan ini akan meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam menggerakkan staf dan pejabat pengawas dalam menyiapkan data sektoral untuk kepentingan perencanaan dengan penyiapkan data yang akurat. “Dengan rencana aksi perubahan ini maka akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap OPD, khsusunya Diskominfo sebagai wali data yang mampu menyajikan dan menyebarluaskan data Sektoral yang dapat dipertanggungjawabkan,”pungkasnya. (idh/c)

  • Bagikan