Calon Panglima TNI Menjejak Kendari, Bakal Resmikan Gedung Oputa Yi Koo

  • Bagikan


--Hari Ini Laksamana TNI Yudo Margono Diagendakan
Resmikan Gedung Oputa Yi Koo

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Calon tunggal Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menjejak Kota Kendari. Hari ini, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) itu diagendakan meresmikan gedung Oputa Yi Koo Markas Komando (Mako) TNI Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari. Selain itu, meresmikan Dermaga Sultra Murhum Lanal Kendari dan Kampung Bahari Nusantara di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Kasal Laksamana TNI Yudo Margono didampingi istri AKBP Veronica Yulis Prihayati, yang juga Ketua Umum Jalasenastri.

Komandan Lanal Kendari Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan, peresmian Mako Lanal Kendari telah direncanakan sejak awal tahun 2022. "Namun karena kesibukan Pak Kasal, sehingga tertunda. Dan alhamndulillah saat ini sudah ada titik terang waktu kesediaan Pak Kasal meresmikan," ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (12/13).

Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari menjelaskan hari ini, Selasa 13 Desember, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, fokus pada peresmian Mako Lanal Kendari sekira pukul 16.00 Wita. Besok, Rabu 14 Desember, Kasal menuju ke Desa Ranooha Raya Kecamatan Moramo Kabupaten Konsel untuk meresmikan Kampung Bahari Nusantara sekira pukul 08.00 Wita.

"Kampung Bahari Nusantara ini adalah program yang dibangun untuk mengentaskan kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, dan ekonomi yang kurang produktif. Sehingga Desa Ranooha Raya dipilih oleh Lanal Kendari sudah tepat sasaran. Sesuai dengan intruksi Bapak Kasal bahwa keberadaan prajurit TNI AL di wilayah atau di daerah harus dirasakan manfaatnya oleh penduduk sekitar," ujar Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari.

Alumni SMAN 4 Kendari ini menjelaskan, Kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu program Markas Besar TNI Angkatan Laut. Program ini seluruhnya tersebar di satuan komando kewilayahan AL se-Indonesia. September 2022 lalu, Kampung Bahari Nusantara ini dilombakan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

"Setelah tim penilai pusat melaksanakan penilaian, hasilnya memutuskan Kampung Bahari Nusantara Lanal Kendari adalah yang terbaik dari 67 kampung bahari yang ada di Indonesia," tandas Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari. (ali/c)

Calon Panglima TNI Menjejak Kendari

  • Bagikan