Sosok Hebat Dibalik Sukses Suami

  • Bagikan


-Pendamping Setia, Teladan Keluarga

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dibalik suksesnya suami, pasti ada perempuan hebat dibelakangnya. Ungkapan ini sangat tepat disematkan kepada Wa Ode Munanah. Wanita Kelahiran Wakatobi ini adalah sosok hebat yang selalu setia mendampingi sang suami, Asrun Lio yang kini diamanahkan sebagai Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Sultra.

Menurut Munanah, setia mendampingi pasangan, wajib hukumnya bagi seorang istri. Karena, akan semakin mengokohkan bahtera rumah tangga.

"Kita harus memberikan support agar pasangan bisa semangat. Memperhatikan kesehatannya. Sehingga bisa maksimal dalam menjalankan tugasnya. Apalagi saat ini beliau (Asrun Lio), 80 persen milik masyarakat," ungkap Wa Ode Munanah, kepada Kendari Pos.

Selain fokus mengurus keperluan suami, Wa Ode Munanah tak lupa dengan tugasnya mendidik anak. Ia memastikan anak mendapatkan pendidikan yang baik. Sehingga, bisa tumbuh menjadi generasi yang membanggakan keluarga, bangsa, dan negara.

"Seorang ibu, harus bisa menjadi pondasi anak. Sehingga, bisa menjadi patron yang membuat anak tumbuh dengan akhlak baik, mandiri dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini," kata Munanah.

Selain mengurus suami dan keluarga, Wa Ode Munanah rupanya aktif dalam berbagai organisasi. Diantaranya, menjadi ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra.

Di DWP, Wa Ode Munanah punya tugas berat. Diantaranya adalah mendharma wanitakan istri Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Provinsi Sultra, terutama dikalangan istri tenaga pendidik guru.

"Saya berupaya mendorong istri guru bisa berdharma wanita. Karena di Sultra ini, masih banyak istri guru yang belum mengenyam dharma wanita. Bahkan, mereka tidak tahu, sesunggunhya mereka adalah anggota dharma wanita karena bertatus istri ASN," jelasnya.

Munanah yakin, dengan tergabungnya para istri ASN kedalam DWP, akan sangat membantu suami dalam menjalan perannya sebagai aparatur negara.

"Jadi, menjadi istri ASN tidak hanya bertugas untuk membesarkan anak. Melainkan bisa mengembangkan diri melalui berbagai arahan dan pendampingan dari pengurus dharma wanita persatuan. Sehingga kita bisa lebih aktif dalam mendampingi suami tanpa mengesampingkan keluarga dan pendidikan anak," imbuhnya.

  • Bagikan