DPRD Konsel Konsisten Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

  • Bagikan
Ki-Ka: Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Wakil Ketua II DPRD Konsel Hj. Hasnawati, dan Wakil Ketua 1 DPRD Konsel Armal foto bersama.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) patut diacungi jempol. Sepanjang tahun anggaran 2022, telah banyak memperjuangkan aspirasi masyarakat. Serta konsisten menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Memastikan progres pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah daerah berjalan sesuai rambu-rambu yang berlaku.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengungkapkan, sebagai wakil rakyat sudah jadi tanggung jawab DPRD memperjuangkan aspirasi masyarakat. Pihaknya setia dan konsisten mengemban dan memperjuangkan amanat rakyat sesuai tupoksinya. Irham mengatakan, sejumlah usulan masyarakat telah diperjuangkan. Untuk skala prioritas seperti infrastruktur, dan sarana prasarana yang menunjang pertanian, perkebunan, perikanan UMKM dan usaha produktif lainnya.

Dalam satu tahun ini, pihaknya menerima banyak aspirasi. Baik berkelompok melalui demonstrasi maupun melalui bidang komisi atau orang per orang. "Alhamdulillah semua kita tindak lanjuti. Sebagai wakil rakyat, semua aspirasi yang masuk kita teruskan dan perjuangkan bersama pemerintah," ujarnya.

Terbaru, lanjutnya, saat masyarakat di Kecamatan Landono dan Mowila menutup akses jalan sebagai bentuk protes ke pemerintah. Pihaknya meneruskan aspirasi ke Pemerintah Provinsi bahkan sampai ke Pemerintah Pusat. Melalui DPR RI dan menuai respon yang baik.

"Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae merespon baik aspirasi saat itu dan turun langsung ke lapangan bersama Direktur jalan. Alhamdulilah sekarang sudah sementara dikerja," terangnya.

Kemudian, aspirasi lain seperti proses Pilkades yang diminta terlaksana tahun 2022 ini, hingga sejumlah kebijakan lain yang sempat dikeluhkan, dipastikan terselesaikan dengan baik. Hal itu tak lepas dari sinergitas antara Pemda Konsel dan DPRD.

"Kami juga akomodir usulan-usulan program dari masyarakat melalui pokok-pokok pikiran DPRD. Sehingga instrumen yang jadi kebutuhan masyarakat, kendati tak semua namun apa yang jadi usulan tersebut dialokasikan melalui instrumen yang ada, demi kepentingan masyarakat. Baik itu kebutuhan masyarakat di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, UMKM, dan ekonomi produktif lainnya. Semua kita support. Untuk menguatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya. (adv/ndi)

  • Bagikan