Gubernur Optimistis Ekonomi Tumbuh di Atas Lima Persen

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (tujuh dari kiri), Wakil Gubernur D.I Yogyakarta Kanjeng Gusti Pangeran Aryo Adipati Paku Alam X / Sri Paduka Paku Alam X (tujuh dari kanan), Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh (enam dari kiri), Kadis Pariwisata Sultra Belli Tombili (kanan) dan para kepala dinas Pemprov Sultra lainnya.

"Jika ini kita laksanakan maka akan memberi multiefek bagi pembangunan sektor lainnya dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat kita," kata Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi menyampaikan beberapa hal penting dalam mendorong pengelolaan sektor pariwisata di Sultra. Pertama, pembangunan sektor pariwisata harus bersifat multi sektoral. Maksudnya, semua perangkat daerah harus mendukung pembangunan kepariwisataan berdasarkan lingkup tugas dan kewenangan masing-masing.

Kata Gubernur Ali Mazi, perlunya membangun sinergi dari berbagai OPD untuk menata fasilitas pendukung di kawasan pariwisata, yang memenuhi standar kelayakan, baik dari segi kenyamanan maupun kebersihannya. Selain itu, agar bernuansa budaya lokal dengan sentuhan alami sesuai trend global saat ini yakni Back to Nature (Kembali ke Alam), penataan jalan, kebersihan lingkungan, bantuan permodalan serta akses terhadap lembaga-lembaga keuangan bagi masyarakat yang ingin berusaha di sektor ini.

Kedua, menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata yang andal dan profesional, yang mampu menguasai dan memanfatkan teknologi untuk mendukung kualitas dan layanan produk dan jasa kepariwisataan.

  • Bagikan