Kompetisi Cawabup Koltim Dimulai

  • Bagikan


--Besok Pendaftaran, 28 Juli Pemilihan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kursi Wakil Bupati Kolaka Timur (Wabup Koltim) yang telah lama lowong, segera berpenghuni. Diana Massi dan Abdul Azis bakal tampil di kancah Pilwabup. DPRD segera menggelar Pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur (Pilwabup Koltim). Kompetisi Calon Wakil Bupati (Cawabup) Koltim dimulai. Informasi yang diperoleh Kendari Pos, panitia pemilihan di DPRD membuka pendaftaran Cawabup mulai besok, 21 hingga 22 Juli 2022. Pemilihan wakil bupati digelar 28 Juli 2022. (Selengkapnya lihat grafis).

Panitia tetap merujuk pada program kerja, jadwal tahapan dan tata tertib pemilihan yang telah ditetapkan dalam dalam rapat paripurna DPRD Koltim, Kamis (3/2) lalu. Kendati hingga saat ini Pemkab Koltim belum menyerahkan rekomendasi dua nama yang disampaikan parpol pengusung sejak Kamis 7 Juli lalu.

Ketua Panitia Pilwabup Koltim Suhaemi Nasir mengatakan panitia konsisten menggelar pemilihan sesuai mekanisme yang berlaku. Apalagi setelah konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan merujuk surat Gubernur Sultra.

"Pemilihan tetap akan dilanjutkan sesuai arahan Kemendagri dan surat Gubernur Sultra. Kami sudah konsultasi pasca adanya nama yang masuk ke Pj. Bupati Koltim dan tembusan kepada panitia di DPRD Koltim, bahwa tahap pemilihan tetap dilaksanakan sesuai pasal 176 UU Nomor 10 tahun 2016," kata Suhaemi Nasir pada Kendari Pos, Selasa (19/7) kemarin.

UU Nomor 10 tahun 2016 mengatur tentang pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota. Pasal 176 menyebutkan pengisian wakil bupati melalui mekanisme pemilihan DPRD kabupaten berdasarkan usulan partai politik (parpol) atau gabungan partai politik pengusung. Selain itu, parpol/gabungan parpol pengusung mengusulkan dua orang calon wakil bupati kepada DPRD melalui bupati, untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD. Terakhir, pengisian kekosongan jabatan wakil bupati dilakukan jika sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan terhitung sejak kosongnya jabatan tersebut.

Suhaemi Nasir yang juga Ketua DPRD Koltim menjelaskan, panitia pemilihan telah berkonsultasi ke Kemendagri dan empat parpol pengusung di Jakarta, yakni PDIP, PAN, Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Hasilnya, Kemendagri memastikan Pilwabup Koltim dapat dilakukan. Begitu pula empat parpol pengusung
memastikan dua nama yang diusulkan sudah sesuai rekomendasi sebelumnya.

"Kami sudah menyurati Pj. Bupati Koltim untuk menyerahkan dua nama kepada panitia pemilihan DPRD Koltim. Tapi belum diserahkan karena masih akan dikonsultasikan kepada Mentari Dalam Negeri (Mendagri)," kata Suhaemi.

Terpisah, Sekretaris Panitia Pilwabup Koltim, Abraham menyampaikan, sesuai hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Koltim menetapkan tahapan dan jadwal pemilihan. Masa pendaftaran cawabup dimulai 21 hingga 22 Juli 2022, penetapan dua nama calon dan nomor urut tanggal 26 Juli 2022.

Lalu, 27 Juli 2022 penyampaian visi dan misi. Terakhir, 28 Juli 2022, pemungutan dan perhitungan suara. "Kami sudah sampaikan kepada parpol pengusung untuk mendaftarkan calon wakil bupatinya sesuai jadwal di DPRD Koltim," ujar Abraham.

Aroma politik dalam Pilwabup sudah mengisi atmosfer di DPRD Koltim. Parpol pengusung Diana Massi (PDIP) dan Abdul Azis (PAN, Gerindra dan Demokrat) bergerak meraih dukungan dari parpol non pengusung di DPRD Koltim. Kedua kubu terus membangun komunikasi politik untuk memenangkan Pilwabup Koltim. Optimistis memenangkan pertarungan Pilwabup Koltim ditebarkan kedua kubu.

Sekretaris DPC Gerindra Koltim, Arham Said mengatakan koalisi parpol pengusung Abdul Azis melakukan komunikasi politik partai non pengusung supaya bisa memenangkan jagoannya. Arham optimistis usungan Gerindra akan memenangkan pertarungan pada Pilwabup Koltim.

"Kita belum bisa prediksi berapa kursi (parpol) yang bisa bersama partai Gerindra, Demokrat dan PAN pada Pilwabup Koltim ini. Yang jelas kami terus bergerak," kata Arham kepada Kendari Pos dalam sebuah kesempatan.

Komunikasi politik kepada parpol non pengusung juga dilakoni PDIP. Ketua DPC PDIP Koltim, Aris Mego mengatakan, PDIP optimistis dapat memenangkan pertarungan pemilihan Wakil Bupati Koltim, pertandingan di DPRD Koltim "Komunikasi politik dengan partai non pengusung terus kami lakukan untuk memenangkan Hj. Diana Massi sebagai Wakil Bupati Koltim," ujar Aris Mego. (kus/c)

  • Bagikan

Exit mobile version