Tiga Besar Seleksi Sekab Buton Segera Diumumkan

  • Bagikan
Asrun Lio

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahapan asesmen calon sekretaris kabupaten (Sekab) Buton, sudah tuntas. Meski begitu, hasilnya belum diumumkan ke publik, padahal jadwalnya diagendakan 21 Juni lalu. Panitia seleksi (Pansel) akan mengeluarkan tiga nama peraih nilai akumulatif tertinggi dari semua tahapan. Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekab Buton, Asrun Lio, mengatakan tertundanya jadwal pengumuman itu bukanlah unsur kesengajaan. Katanya, panitia belum menggelar rapat akhir untuk penetapan. Setelah itu, baru diumumkan. "Menunggu semua tim Pansel kumpul dulu. Kebetulan saya juga sebagai ketua masih DL (dinas luar)," katanya saat dihubungi, Minggu (3/7).

Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tenggara itu berjanji, pekan ini, hasil yang ditunggu-tunggu oleh peserta sudah akan diketahui. Ia juga memastikan tidak akan ada kekosongan jabatan Sekab saat ditinggal oleh LM. Zilfar Djafar pada 31 Juli mendatang. "Insya Allah minggu ini," singkat Kepala Dinas Pendidikan Sultra tersebut. Dikonfirmasi terpisah, Bupati Buton, La Bakry, menegaskan, siapapun yang terpilih menjadi Sekab, itu merupakan putra terbaik daerah. Apalagi, semua yang ikut seleksi adalah pejabat lingkup Pemkab Buton yang saat ini duduk sebagai kepala OPD dan staf ahli.

“Semua itu adalah kader terbaik daerah. Siapapun masuk tiga besar itu adalah yang terbaik,” ungkapnya. Ia juga mengaku tidak punya kriteria khusus sebagai pembeda dalam memilih satu di antara nama tiga besar nanti. Intinya berintegritas dan paham dengan kondisi dan masalah di daerah sehingga mudah mencari solusi. "Ya, yang paham tentang Buton. Paling tidak itu dulu, supaya mengambil keputusan itu bisa tepat sasaran,” jelasnya.

Kriteria itu menurut dia sudah dimiliki oleh semua kandidat. Tingga siapa yang ditakdirkan Tuhan untuk terpilih saja. "Semua masuk kriterianya. Garis tangan saja," pungkasnya. Untuk diketahui, ada 11 pejabat yang mengikuti lelang tersebut sesuai Keputusan Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Sekab Buton, Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D, bernomor 06/Pansel-JPT-Sekda/2022, tanggal 2 Juni 2022 lalu. (b/lyn)

Peserta Lelang Jabatan Sekab Buton :

  1. Alimani (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat)
  2. Asnawi Jamaluddin (Kadis Sosial)
  3. Safaruddin (Kadis Perdagangan)
  4. Martaba Muru (Kepala DPMD)
  5. Asrudin (Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana)
  6. LM. Muharram (Kadis Koperasi dan UKM)
  7. La Ode Syamsudin (Kadis Kebudayaan)
  8. Awaluddin (Kepala BKPSDM)
  9. Harsila (Sekretaris DPRD)
  10. Harmin (Kadis Pendidikan)
  11. Sadisu (Kadis Perindustrian)
  • Bagikan