Sultra Masuk Desain Kerja Sama Indonesia-URI AS

  • Bagikan
Pj Sekda Pemprov Sultra, Asrun Lio (dua dari kanan) saat berbincang dengan Brook Williams Ross (dua dari kiri), Director of Education and Business Partnerships Asia, Universitas Rhode Island (URI), Amerika Serikat di Jakarta, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sejak 50 tahun silam, Indonesia sudah menjalin kerja sama Universitas of Rhode Island (URI), Amerika Serikat. URI telah menjadi mitra dalam mempromosikan kemampuan dalam konservasi lautan, manajemen perikanan, biodiversitas dan geologi melalui kesempatan pendidikan dan juga pertukaran pelajar serta kolaborasi penelitian.

Dalam peringatan 50 tahun kerja sama Indonesia-URI Amerika Serikat, Sultra masuk dalam tujuan kerja sama. :"Ini merupakan kesempatan langka dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan daerah Provinsi Sultra," ujar Pj.Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio saat bertemu Director of Education and Business Partnerships Asia, Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat, Brook Williams Ross di Jakarta, kemarin.

Asrun Lio menyahuti usulan rencana yang diajukan URI untuk menjalin kerja sama dalam penjernihan air tanah maupun air permukaan, dan memajukan penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton. URI memiliki tenaga ahlinya.

"Selain masalah kerjasama penjernihan air tanah maupun permukaan, dalam kesempatan ini juga kami menyerahkan dokumen pengembangan ITK Buton kepada Mr.Brook, untuk menjadi bahan pertimbangan URI Amerika Serikat dalam membantu memajukan ITK Buton, khususnya terkait penyediaan SDM," ujar Asrun Lio kepada Kendari Pos.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu menambahkan, sebagai tindak lanjut pertemuan itu, rencananya akan dilakukan penandatanganan MoU pada September 2022 antara ITK Buton dan URI Amerika Serikat.

Sementara itu, Director of Education and Business Partnerships Asia, Universitas Rhode Island (URI), Amerika Serikat, Brook Williams Ross menerangkan, pihaknya berterimakasih atas respons yang diberikan Pemprov melalui Pj.Sekda Sultra, Asrun Lio.

"Sebelumnya kami telah melayangkan surat kepada Pemprov Sultra bahwa saya bersama Professor Thomas Boving bidang Ilmu Lingkungan dan Manajemen dari URI menyampaikan kedatangan kami di Indonesia pada minggu ini. Tujuannya untuk membahas bagaimana Universitas kami dapat mengambil peran, dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara melalui program pendidikan dan penelitian," ujar Brook Williams Ross seperti dituturkan Pj.Sekda Sultra, Asrun Lio.

Dia melanjutkan, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan sebelumnya dengan Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pariwisata, dan Kepala Dinas Cipta Karya di URI Amerika Serikat, sekaligus wujud perayaan 50 tahun kerja sama URI dan Indonesia.

"Universitas of Rhode Island telah memiliki MoU dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang ditandatangani oleh Gubernur Ali Mazi pada Oktober 2019 di Rhode Island, USA. Pertemuan ini merupakan bentuk respons terhadap surat kami," tambah Brook Williams Ross melalui Pj.Sekda Sultra, Asrun Lio. (m4/c)

  • Bagikan