Empat Balon Bersaing Jadi Rektor USN

  • Bagikan
Ketua Panitia Pemilihan Rektor USN, Dr.Yahyanto

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahapan pemilihan Rektor Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka periode 2022-2026 masih bergulir. Empat bakal calon (balon) bersaing untuk menjadi orang nomor satu di USN. Ketua Panitia Pemilihan Rektor USN, Dr.Yahyanto merinci dua balon rektor berasal dari USN Kolaka. Dua balon rektor lainnya berasal dari Universitas Halu Oleo (UHO).

"Yang berasal dari USN Kolaka yaitu Prof.Ruslin Hadanu dan Dr.Nur Ihsan. Sedangkan Dr.Jabal Nur dan Dr. Rosnawintang berasal dari UHO," ujar Yahyanto kepada Kendari Pos di Kampus USN Kolaka, Rabu (15/6).

Selanjutnya, pada 24 Juni nanti, empat balon rektor USN tersebut akan mengikuti penjaringan tahap pertama. Agenda dari tahapan itu adalah penyampaian visi, misi dan program kerja masing-masing balon.

"Pagi hari, para balon rektor memaparkan visi misi yang terbuka untuk umum. Siang dilanjutkan dengan pemilihan tiga besar di ruang rapat rektor. Sesuai aturan, pemilihan tiga besar dilaksanakan secara tertutup," jelas Yahyanto.

Dekan Fakultas Hukum USN Kolaka itu mengatakan, setelah penetapan tiga besar, maka berkas balon rektor seperti berita acara proses penjaringan, daftar riwayat hidup, visi misi dan program kerja akan diserahkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). "Kalau tidak ada masalah, itu prosesnya selama satu bulan. Jadi tinggal menunggu saja tahap selanjutnya dari Kemendikbudristek yaitu pemilihan rektor," tutur Yahyanto.

Untuk diketahui, komposisi suara senat 65 persen. Adapun jumlah anggota senat USN Kolaka yaitu 21 orang. Sedangkan 35 persen merupakan hak suara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (fad/b)

  • Bagikan