Sulkarnain Pimpin Upacara HUT 191 Kendari

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tujuh dari kanan), Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran (enam dari kanan) dan Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar (lima dari kanan) bersama pimpinan OPD usai upacara HUT 191 Kota Kendari di Gedung Balai Kota, Senin (9/5), kemarin

Merefleksi Pembangunan Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kota Kendari berusia 191 tahun, kemarin. Hari Ulang Tahun (HUT) ke-191 diperingati Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. HUT Kendari menjadi momentum peneguhan komitmen dan energi baru menyongsong Kendari yang lebih baik dengan tagline, Kendari Sukses. Sekaligus merefleksi kembali capaian pembangunan Kota Kendari.

Jejak-jejak realisasi pembangunan daerah dijabarkan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat memimpin upacara peringatan HUT 191 Kota Kendari di Gedung Balai Kota, Senin (9/5), kemarin.

Wali Kota Sulkarnain memaknai HUT kali ini sebagai momen merefleksi capaian kerja keras yang ditunaikan selama ini. "Dengan merefleksi capaian kerja kita, maka kita belajar dan mengambil hikmah dari setiap pengalaman sebagai bekal untuk menyongsong hari esok yang lebih baik," ujarnya kepada seluruh ASN Pemkot Kendari yang hadir.

Wali Kota Sulkarnain memandang peringatan HUT Kendari ini sebagai momentum untuk merencanakan dan mencapai prestasi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Muaranya untuk mendorong peningkatan kinerja demi mencapai kemakmuran dan keadilan bagi seluruh masyarakat Kendari.

"Ini (momentum HUT) sekaligus untuk mendukung pencapaian visi daerah yang sudah tertuang dalam RPJMD tahun 2022-2027 yakni mewujudkan Kendari sebagai Kota Layak Huni Berbasis Ekologi (lingkungan), Informasi, dan Teknologi," ungkap Wali Kota Sulkarnain.

Pencapaian visi misi itu dibarengi ikhtiar. Pemkot Kendari membangun daerah melalui pendekatan strategi Money Follow Program. Pendekatan itu menyinkronkan program perencanaan yang ditetapkan dengan melibatkan semua pihak berkepentingan (stakeholder).

Berbekal strategi tersebut, Wali Kota Sulkarnain meyakini akan tercipta rasa memiliki terhadap pembangunan dan hasil-hasilnya. Terutama pada sektor pembangunan prioritas seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), optimalisasi pelayanan publik berbasis informasi dan teknologi, penataan kota berbasis ekologi dan peningkatan daya saing ekonomi.

"Kami akan terus optimalkan agar pertumbuhan ekonomi Kota Kendari terus meningkat setiap tahun dapat sehingga dapat berdampak positif pada akselerasi pembangunan," kata Wali Kota Sulkarnain.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, optimalisasi pemberdayaan berbagai potensi sumber daya lokal sebagai sumber dana untuk mendukung pembangunan strategis daerah.

Wali Kota Sulkarnain menyebut sumber dana yang dikelola untuk pembangunan infrastruktur dan suprastruktur seperti pembangunan jembatan dan jalan inner ringroad, penataan dan pengurangan kawasan kumuh, peningkatan RTH, dan Rumah Sakit Tipe D.

Selanjutnya, pembangunan sarana pemerintahan yakni Mall Pelayanan Publik (MPP), peningkatan cakupan penerangan jalan umum dan lingkungan, penanganan banjir, pemberian bantuan sosial dan Jamkesda pada masyarakat miskin.

Selain itu, pembangunan dan peningkatan ruang kelas belajar, penataan kawasan wisata Teluk Kendari, pemberdayaan UMKM dan peningkatan investasi daerah.

Selain hasil-hasil pembangunan tersebut,indikator keberhasilan pembangunan lainnya adalah Kota Kendari masuk kategori lima besar nasional Indeks Pembangunan Manusia (IPM), penghargaan Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) Kategori B, dan penghargaan kinerja unit penyelenggara publik wilayah III Predikat A (pelayanan prima).

Pemkot Kendari mengoleksi prestasi dengan deretan penghargaan yakni penghargaan bidang kesehatan lingkungan kategori
Swasti Saba Wistara, penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) Award kategori Kota Sehat, Kota Peduli HAM tingkat nasional, penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dengan predikat Nindya.

Selain itu, meraih predikat opini WTP dalam tata kelola keuangan, penghargaan sebagai kota inovatif, penghargaan monitoring centre for prevention (MCP) dari KPK, serta penghargaan Anugerah Parahita Ekpraya (APE) kategori Kesetaraan Gender. "In Sya Allah capaian ini kita pertahankan. Bahkan sebisa mungkin kita tingkatkan," kata Sulkarnain Kadir.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan berharap, di usia ke-191, Kota Kendari semakin berkembang dan setara dengan daerah lainnya di Indonesia.

"Saya yakin dalam nakhoda Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sulkarnain-Siska Karina Imran, Kota Kendari akan semakin berjaya. Kami akan mendukung seluruh program kerja Pemkot Kendari. In Sya Allah Kendari akan sukses," kata Subhan. (ags/b)

Menyongsong Kendari Sukses

  • Bagikan