Wali Kota Kendari Usul 50 Ribu KK Penerima Perangkat TV Digital Gratis

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Seiring kemajuan teknologi, siaran TV analog akan dialihkan ke digital. Menindaklanjuti kebijakan ini, pemerintah bakal menyalurkan bantuan set top tox atau perangkat TV digital gratis kepada masyarakat. Di Kendari, sekira 50 ribu Kepala Keluarga (KK) yang diajukan Pemkot sebagai calon penerima.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengaku telah menginstruksikan Dinas Sosial (Dinsos) untuk mengusulkan data penerima set top box ke pemerintah pusat. Ia berharap nantinya masyarakat bisa beralih dari siaran TV analog ke TV digital. "Insya Allah kita akan beralih," ujarnya, kemarin.

Terpisah, Kepala Dinsos Kendari, Abdul Rauf mengaku setidaknya terdapat sekira 50 KK berpeluang mendapatkan set top box tv digital gratis dari pemerintah. Puluhan ribu calon penerima itu merupakan warga kurang mampu yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Calon penerima bantuan (set top box) adalah mereka yang terdaftar dalam DTKS. Selanjutnya nanti pemerintah pusat yang akan menentukan siapa-siapa yang akan menerima," ungkapnya.

Agar penyalurannya bisa tepat sasaran, pihaknya melalui pilar sosial dalam hal ini Ketua RT/RW, pusat kesejahteraan sosial (Puskesos), Lurah hingga Camat terus melakukan pendataan terhadap masyarakat kurang mampu untuk kemudian dilakukan penyesuaian DTKS.

"Data warga kurang mampu terus mengalami perubahan, setiap hari itu berganti, jadi kami terus lakulan perbaikan data agar jika ada bantuan sosial dari pusat seluruh warga kurang mampu bisa merasakannya," ungkap Abdul Rauf.

Mantan Kabag Kesra Pemkot Kendari ini berharap bantuan set top box dari pemerintah bisa membantu masyarakat kurang mampu yang ingin menyaksikan siaran TV yang kini telah beralih ke digital. (b/ags)

Bantuan Perangkat TV Digital

-Usul Sekira 50 Ribu KK

-Merujuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

-Datanya Masih Diverifikasi

Pendataan

-Ketua RT/RW

-Puskesos

-Lurah dan Camat

  • Bagikan