Parinringi Apresiasi Pemdes Gunung Sejuk

  • Bagikan
Pj Bupati Busel Parinringi bersama jajarannya saat menyambangi Desa Gunung Sejuk. (IST)
Pj Bupati Busel Parinringi bersama jajarannya saat menyambangi Desa Gunung Sejuk. (IST)

--Bangun Witasa Air

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pj. Bupati Buton Selatan Parinringi terus mendorong pemerintah desa untuk berinovasi atas potensi wilayahnya masing-masing. Harapan itu langsung diatensi oleh Pemdes Gunung Sejuk kecamatan Sampolawa. Gunung sejuk dikenal sebagai desa yang memiliki sumber air yang melimpah. Bahkan meski dilanda kemarau, desa itu tak pernah mengalami kekeringan.

Olehnya itu, Pemdes Gunung Sejuk memutuskan untuk membangun objek wisata air. Selasa (9/9) kemarin, Parinringi menunjukan apresiasinya dengan melaunching langsung pembangunan wisata air Kamar Bangko Gunung Sejuk.

“Ini inovasi yang sangat bagus dari Pemdes Gunung Sejuk. Karena memang airnya di sini tidak pernah kering, meski wisata airnya masih skala kecil untuk anak-anak sekolah, tapi pelan-pelan ini akan ikut menandai kemajuan sebuah desa,” ungkap Parinringi.

Eks penjabat bupati Kolaka Utara ini juga menambahkan, Pemda Busel akan melakukan intervensi untuk kemajuan Gunung Sejuk. Salah satunya mendorong program cetak sawah baru di desa tersebut. “Kita inventarisasi dulu, berapa luasan lokasi yang cocok jadi sawah. Karena tahun 2025 ini kita dapat jatah 600 hektar cetak sawah baru dari kementerian, nah Gunung Sejuk nanti kita masukan juga dalam peta sawah itu,” tambahnya.

Senada dengan Pj. Bupati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Buton Selatan La Amirudin mengatakan gebrakan yang dilakulan Desa Gunung Sejuk patut diacungi jempol. Sebab membangun desa dari sektor pariwisata merupakan program yang bisa memberikan nilai tambah bagi desa dan masyarakatnya.

“Kekayaan alam dalam hal ini air yang melimpah menginsipirasi desa untuk membangun wisata air. Nah ini tidak boleh hanya sampai disini, untuk menjadikannya ikon desa nantinya butuh dukungan semua elemen desa, dan kita juga akan terus memberikan dukungan,” katanya. (lyn/b)

  • Bagikan