Reputasi Gemilang Birokrat Cakap

  • Bagikan
PJ Bupati Edy Suharmanto melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Pratama Tipe D di Kabaena. (IST)
PJ Bupati Edy Suharmanto melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Pratama Tipe D di Kabaena. (IST)

--Antar Bombana Sabet Beragam Penghargaan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Tangan magis Edy Suharmanto cukup bertuah. Kurang lebih Sembilan bulan kepemimpinannya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto, telah membuktikan kemampuannya dengan sukses mengoleksi beberapa legacy untuk Kabupaten Bombana. Sejak dilantik pada 28 November 2023, Edy Suharmanto telah menjelma menjadi arsitek perubahan bagi Bombana. Kepemimpinan Edy telah menghadirkan sejumlah legacy yang mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin yang visioner dan efektif.

Salah satunya yakni dengan berhasilnya Bombana meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-11, yang menandakan tingkat transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah yang sangat tinggi. Edy juga mendapatkan penghargaan bergengsi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes-PDTT), Abdul Halim Iskandar, atas dedikasinya dalam pengembangan teknologi tepat guna. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas inisiatif Edy dalam memperkenalkan solusi teknologi yang relevan dan bermanfaat untuk masyarakat Bombana pada tahun 2023/2024.

Tidak hanya itu, Bombana terus mengukir prestasi di bawah kepemimpinan Edy. Hanya sebulan setelah menerima penghargaan dari Kemendes-PDTT, Bombana kembali meraih dua penghargaan bergengsi pada 6 Agustus 2024. Kabupaten Bombana dianugerahi peringkat pertama dalam kategori penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, berkat komitmennya dalam menyalurkan dana tepat waktu dan sesuai dengan regulasi. Selain itu, Bombana juga meraih p e n g - hargaan untuk penyaluran Dana Desa tahap pertama tahun anggaran 2024.

Salah satu prioritas utama Pemerintah Kabupaten Bombana adalah peningkatan kualitas dan kemudahan akses pelayanan kesehatan. Dalam upaya mencapai tujuan ini, Pemkab Bombana berkomitmen untuk memastikan seluruh warganya memiliki jaminan kesehatan yang memadai. Sebagai hasil dari komitmen ini, Pemkab Bombana berhasil meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan Kategori Madya dalam Pencapaian Universal Health Coverage (UHC).

Di bidang perpajakan, Edy Suharmanto juga berhasil menunjukkan komitmennya dalam m e n d u k u n g pilar utama p e m b a n g unan nasional dan daerah. Pe m e r i n t a h K a b u p a t e n Bombana meraih penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kolaka atas capaian target penerimaan pajak tahun 2023.

Prestasi ini semakin diperkuat dengan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Bombana dinilai proaktif dalam melakukan kampanye antikorupsi dan berhasil mendapatkan reward dari lembaga anti-rusuh tersebut. Edy bersama delapan kepala daerah se-Indonesia dan dua Direktur Utama perusahaan daerah diundang untuk menerima penganugerahan ini, yang menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga integritas dan transparansi.

“Saya diamanahkan datang ke Bombana bukan untuk mencari pujian, melainkan untuk mengabdi dan melayani m a s y a r a k a t . Komitmen saya selalu terarah pada upaya memberikan yang terbaik untuk daerah ini. Berbagai apresiasi atau penghargaan yang diraih Pemkab Bombana merupakan hasil kerja keras bersama, Dimana setiap elemen dalam jajaran pemerintahan memiliki peran penting dalam mencapai keberhasilan itu,” pungkasnya. (b/idh).

  • Bagikan