Pemkab Mubar Bangun 18 Titik JUT

  • Bagikan
Kadis Pertanian Mubar, Nestor jono
Kadis Pertanian Mubar, Nestor jono

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Proyek pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) tahun ini. Tercatat JUT yang akan dibangun sebanyak 18 titik tersebar di berbeberapa desa di Mubar.

“Untuk pembuatan JUT ada 18 titik. Program ini adalah salah satu kegiatan prioritas kita tahun ini dan belum kita jalankan,” kata Kepala Dinas Pertanian Mubar, Nestor Jono saat ditemui di kantornya Rabu (10/7).

Proyek pembangunan JUT menjadi salah satu program langganan Dinas Pertanian Mubar setiap tahun. Hal itu sejalan dengan kondisi masyarakat Mubar yang mayoritas bekerja sebagai petani. Sehingga membutuhkan akses jalan yang memadai untuk mobilisasi hasil pertanian mereka. Makanya dalam setiap pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) masyarakat mengusulkan pembangunan JUT. “Jadi JUT ini adalah program aspirasi masyarakat hasil Musrembang,” kata Nestor sapaan akrab Nestro Jono.

Lanjutnya, saat ini proyek pembangunan JUT itu belum dilaksanakan. Jika tak ada aral melintang pelaksanaannya akan dimulai Agustus. “Insya Allah Agustus sudah mulai jalan. Dalam pengerjaanya proyek JUT tidak melalui mekanisme lelang, tetapi penujukan langsung (PL),” ucapnya.

Untuk anggaranya bersumber dari APBD Mubar. Dengan anggaran masing-masing proyek JUT yaitu bervariasi; mulai dari Rp 150 juta hingga Rp 200 juta. (ahi/b)

  • Bagikan