Gaungkan Alquran, Perluas Syiar Islam

  • Bagikan

--Gaungkan Alquran, Perluas Syiar Islam

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kafilah Kota Kendari turut berpartisipasi dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-30 di Konawe Utara (Konut).

Rombongan kafilah Kota Lulo dipimpin langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup dan beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Muhammad Yusup mengatakan, partisipasi kafilah asal Kota Kendari merupakan upaya untuk lebih menggaungkan Al-Quran dan menyiarkan agama Islam diseluruh penjuru Sultra.

“Kegiatan MTQ telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan Bangsa Indonesia. Sebagai upaya untuk menggaungkan Al-Quran sebagai kitab suci dan pedoman hidup umat Islam,” ungkap Muhammad Yusup.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra ini menambahkan, penyelenggaraan MTQ sangat penting sebagai ajang untuk mencari bibit (kafilah) berprestasi yang nantinya dapat mewakili daerah di tingkat nasional.

Selain itu, Yusup juga menekankan bahwa MTQ juga merupakan wadah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathoniyah dalam konteks Islam.

Sekadar informasi, dalam MTQ Tingkat Provinsi Sultra ke-30 ini, Pemkot Kendari mengutus sebanyak 100 kafilah yang akan mengikuti tujuh cabang lomba yakni Seni Baca Al-Quran, Qiroah Al-Quran, Hafalan Al-Quran, Tafsir Al-Quran, Fahmil Al-Quran, Seni Kaligrafi Al-Quran, dan Karya Tulis Ilmiah Al-Quran.

Pelaksanaan MTQ ke 30 tahun 2024 di Konawe Utara akan berlangsung selama 1 Minggu, mulai dari tanggal 20 hingga 27 Juni 2024 mendatang. (ags/b)

  • Bagikan