Utamakan Kualitas Alumni

  • Bagikan
Direktur Politeknik Bina Husada Kendari, Muhammad Azdar Setiawan bersama Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Bina Husada Kendari Nia Afdilla.

-- Batasi Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Politeknik Bina Husada Kendari membuka seleksi penerimaan calon mahasiswa baru sejak Januari 2024. Per 8 Juni 2024, tercatat 191 pendaftar uituk lima program studi. Pendaftaran akan berakhir September 2024 mandatang dengan kuota 80 D-III Farmasi, 80 D-III Teknologi Laboratorium Medis, 80 D-III Analis Kesehatan Gigi, serta D-4 Akuntansi Perpajakan dan D-4 danDirektur Politeknik Bina Husada Kendari yang hanya akan menerima masing-masing 40 mahasiswa baru.

Direktur Politeknik Bina Husada Kendari, Muhammad Azdar Setiawan, mengaku pihaknya sengaja membatasi jumlah mahasiswa baru yang akan diterima. Alasannya, untuk lebih fokus pada peningkatan kualitas alumni.

“Kalau terlalu banyak yang diterima, jangan sampai berimbas pada hasil tes kompetensinya. Kalau banyak mahasiswa dan saat pengujian kompetensi yang lulus hanya sedikit maka berdampak pada institusi, terutama soal akreditasi,” argumentasinya.

Ia memaparkan kuota mahasiswa baru yang akan diterima sama dengan tahun 2023 lalu. Hanya saja animo masyarakat untuk mendaftar di Politeknik Bina Husada menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun.

“Ada peningkatan animo orang tua untuk mendaftarkan anaknya menempuh pendidikan di Politeknik Bina Husada. Itu yang mendaftar, karana mungkin mereka menunggu hasil pengumuman seleksi Perguruan Tinggi Negeri,” ungkapnya.

Image yang terbangun di masyarakat, kata dia, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi second choice. Meski begitu, ia mengungkapkan, ada juga masyarakat yang mantap untuk menjalani pendidikan di Politeknik Bina Husada sebagai pilihan pertama.

Apalagi saat ini, biaya pendidikan PTN dan PTS relatif sama. Bahkan Politeknik Bina Husada jauh lebih murah, dibanding PTS lain yang basicnya vokasi. Sejak tahun 2018 hingga kini, biaya pendidikan Politeknik Bina Husada tak pernah bertambah. Pendaftaran seleksi penerimaan calon mahasiswa baru dilakukan secara online maupun offline dengan datang di kampus. (win/b)

  • Bagikan