Tumbuh Bersama Masyarakat

  • Bagikan
Direktur DDPI dan CEO PT DSSP Power Kendari, Wang Quanmin (kedua dari kanan) menerima penghargaan dari Pj Gubernur Sultra, Komjen Pol Andap Budhi Revianto sebagai perusahaan yang patuh terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Zero Accident).
Direktur DDPI dan CEO PT DSSP Power Kendari, Wang Quanmin (kedua dari kanan) menerima penghargaan dari Pj Gubernur Sultra, Komjen Pol Andap Budhi Revianto sebagai perusahaan yang patuh terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Zero Accident).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - PT DSSP Power Kendari berada di antara di desa Tanjung Tiram dan desa Wawatu kecamatan Moramo Utara. Desa yang terkenal dengan nelayannelayannya tangguh ini, punya wisata bahari yang memukau.

Direktur DDPI dan CEO PT DSSP Power Kendari, Wang Quanmin melihat potensi tersebut sebagai sebuah peluang yang besar. Jika digarap secara serius dan profesional, maka akan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat lokal.

Perusahaan melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR) lanjutnya, telah menggulirkan banyak program yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi perusahaan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, Direktur DDPI dan CEO PT DSSP Power Kendari, Wang Quanmin turun langsung membersihkan saluran air ditengah masyarakat.

“Kami memiliki 5 pilar utama dalam pelaksanaan CSR kami seperti di bidang Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan, UMKM, dan bantuan sosial yang programnya selalu kami sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di lapangan” kata dia.

Pilar utama CSR tersebut kemudian menjadi guideline dalam merumuskan program yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar lokasi perusahaan.

PT DSSP Power Kendari menerima penghargaan dalam Anugerah Top CSR Award 2024.

Untuk bidang lingkungan, perusahaan melaksanakan program transplantasi terumbu karang sebanyak 4600 bibit dalam 2 tahun terakhir dengan menggunakan metode spider web dan fish apartment dari limbah Fly Ash dan Bottom Ash dan rencananya akan dilanjutkan lagi dengan membuat pusat penyemaian dengan metode coral tree untuk menopang program transplantasi tersebut.

Selain itu, perusahaan juga telah menanam lebih dari 30 ribu pohon mangrove dan 32 ribu pohon produktif dalam 3 tahun terakhir dan rutin melaksanakan program Sisir Pesisir yang merupakan aksi bersih di bibir pantai.

Direktur DDPI dan CEO PT DSSP Power Kendari, Wang Quanmin memainkan alat musik alngklung sebagai bentuk kecintaannya terhadap budaya Nusantara.

Di sektor Kesehatan, Wang Quanmin mengatakan perusahaan membantu program pemerintah untuk menekan angka stunting dengan menggulirkan program Ayo Ke Posyandu dan Baku Jaga dimana masyarakat diberi susu formula, Makanan bergizi, biscuit dan juga diberi edukasi bagaimana terhindar dari stunting.

“Kami juga menggandeng perguruan tinggi yakni Universitas Haluoleo untuk melakukan transfer pengetahuan dan mengikat kesepakatan tersebut melalui MOU dimana mahasiswa UHO dapat belajar ke tempat kami dan praktisi kami bisa mengisi ruang perkuliahan,” imbuhnya.

Perusahaan juga berkomitmen untuk memaksimalkan potensi SDM yang ada dengan memprioritaskan masyarkat di sekitar lokasi pembangkit untuk dapat bekerja di perusahaan melalui program EDP PTPL.

“Kami mencari fresh graduate dan lulusan SMA dan SMK yang ada di sekitar tempat kami untuk ditraining selama 1 tahun dan selanjutnya kami serap sebagai tenaga kerja profesional. Dan program ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 sampai sekarang” tuturnya.

Ia menjelaskan untuk menyamakan antara program tersebut dengan kebutuhan masyarakat yang ada di lapangan, tim CSR yang ia pimpin melaksanakan pemetaan sosial di dua desa tersebut untuk mendengarkan satu persatu kebutuhan masyarakat.

“Kami melibatkan perguruan tinggi dan juga pihak ke-3 yang memang memiliki keahlian di bidang pemberdayaan masyarakat untuk melihat potensi yang dimiliki oleh masyarakat di ring1 kami. Kami memang memiliki satu departemen yang khusus untuk menangani ini.” lanjutnya. (c/ags)

  • Bagikan