Profesionalitas ASN Ditingkatkan

  • Bagikan
Kepala BPSDM Sultra Syahruddin Nurdin (Sepuluh dari kanan) bersama peserta pelatihan pengembangan ASN berakhlak, Senin (10/6/2024)

-- BPSDM Gelar Pelatihan ASN Berakhlak

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Menumbuhkan karakter berakhlak di tubuh Profesionalitas dan akhlak Aparatur Sipil Negar (ASN) lingkup Pemprov Sultra terus ditingkatkan. , Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sultra menggelar pelatihan pengembangan ASN berakhlak, Senin (10/6/2024).

Kepala BPSDM Sultra Syahruddin Nurdin, SE, mengatakan, pengembangan kompetensi menjadi salah satu cara dalam mewujudkan good governance. Yang pelaksanaannya dilakukan dengan pendekatan sistem pembelajaran terintegrasi.

“Pelatihan pengembangan karakter ASN berakhlak dilakukan secara terintegrasi untuk membentuk dan mengembangkan karakter ASN sesuai dengan nilai-nilai dasar (core values) asn berakhlak,” kata Syahruddin Nurdin.

Dalam penerapannya nilai-nilai dasar ASN berakhlak memegang prinsip yakni integritas. Artinya ASN harus bertindak dengan jujur, adil, dan profesional dalam melaksanakan tugas- tugasnya. Mereka harus memegang teguh prinsip kejujuran dan tidak terlibat dalam tindakan korupsi, nepotisme, dan kolusi. Kemudian moralitas yang berarti ASN harus memiliki kesadaran moral yang tinggi dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil.

Tak kalah pentingnya ASN mesti memiliki kepemimpinan beretika. ASN yang memiliki peran kepemimpinan harus mampu memberikan teladan yang baik bagi bawahan dan lingkungan kerja. Mereka harus mempraktekkan kepemimpinan yang berbasis integritas, keadilan, dan tanggung jawab. Kemudian keterbukaan dan akuntabilitas.

“ASN harus bersikap transparan dan terbuka dalam menjalankan tugastugasnya. Mereka harus siap dipertanggungjawabkan atas setiap tindakan dan keputusan yang mereka ambil,” urai Syahruddin Nurdin.

Dia menjelaskan, kebijakan ASN berakhlak merupakan komitmen pemerintah dalam membangun birokrasi yang bersih, transparan, dan berintegritas. Dengan mengedepankan nilainilai berakhlak dalam setiap tindakan dan keputusan, diharapkan ASN mampu menjadi agen perubahan yang positif dalam pembangunan daerah.

Dengan mengikuti pelatihan ini, Syahruddin berharap para peserta dapat menjadi agen perubahan, yang menerapkan pelaksanaan nilai-nilai dasar ASN berakhlak, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di lingkup kerja masingmasing. (ali/b)

  • Bagikan