Satu Kursi PPP Diincar Lima Kandidat

  • Bagikan
PENDAFTARAN: Ketua DPC PPP Kabupaten Kolaka, Akhdan (kiri) saat menerima berkas pendaftaran salah satu bakal calon bupati, Muhammad Jayadin di kantor DPC PPP. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya meraih satu kursi di DPRD Kolaka pada pemilihan legislatif tahun 2024, yang digelar Februari lalu. Meski demikian, partai berlambang Ka’bah itu tetap menjadi incaran sejumlah kandidat yang hendak maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kolaka, November mendatang.

Ketua DPC PPP Kabupaten Kolaka, Akhdan, mengungkapkan, pihaknya telah membuka pendaftaran bakal calon bupati sejak pekan lalu. Hingga saat ini sudah ada lima kandidat yang berminat menjadikan PPP sebagai kendaraan politik di Pilkada Kolaka.

“Mereka yang sudah resmi mendaftar adalah Muhammad Jayadin, Amri Jamaluddin, Heriyanto Suaib, Sjamsul Kadar dan Nur Endang Abbas. Untuk pendaftaran masih terbuka hingga pekan depan. Jadi kandidat yang mendaftar masih bisa bertambah,” ungkap Akhdan saat ditemui, kemarin.

Anggota DPRD Kolaka itu mengatakan, setelah pendaftaran ditutup, maka pihaknya akan menyetorkan berkas para balon bupati itu ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Nantinya, DPP yang akan memutuskan kandidat yang akan mendapat dukungan PPP di Pilkada Kolaka.

“Semua kandidat mempunyai peluang sama untuk mendapatkan dukungan PPP. Yang jelas DPP sudah akan memutuskan siapa yang akan didukung nanti sebelum pendaftaran calon di KPU dimulai,” jamin Akhdan.

Untuk diketahui, jumlah kursi yang ada di DPRD Kolaka sebanyak 30. Syarat pasangan calon kepala daerah yang maju di Pilkada Kolaka melalui jalur Parpol, harus mendapat dukungan 20 persen suara di parlemen atau minimal enam kursi. Sementara hasil pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Kolaka 2024 yang digelar Februari lalu, PPP meraih satu kursi. (c/fad)

  • Bagikan

Exit mobile version