Bersihkan Teluk di Hari Ulang Tahun

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup memberikan arahan kepada jajarannya saat aksi bersih sampah di Teluk Kendari.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari, Pemerintah Kota Kendari menggelar wisata pungut sampah di Teluk Kendari, kemarin. Aksi ini melibatkan Forkopimda, instansi vertikal, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat sekitar.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengatakan, aksi pungut sampah di Teluk Kendari untuk memeriahkan perayaan HUT sambil meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan (tiga dari kanan) bersama para kepala OPD lingkup Pemkot Kendari dan Forkopimda saat aksi bersih sampah di Teluk Kendari.

“Teluk Kendari, sebagai salah satu ikon Kota Kendari, dipilih sebagai lokasi aksi bersihbersih karena peran pentingnya sebagai sumber daya alam dan potensi pariwisata,” ungkap Muhammad Yusup.

Ia tak menampik jika saat ini Teluk Kendari telah tercemar oleh sampah plastik dan limbah lainnya yang dibuang secara sembarangan oleh masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya tergugah untuk melaksanakan aksi bersih teluk ini.

 “Sampah-sampah yang terkumpul akan diangkut dan dipilah untuk didaur ulang atau dibuang secara aman sesuai prosedur yang berlaku, untuk sampah yang telah dikumpulkan sebanyak 12 ton,” ungkapnya.

Sekadar informasi, dalam aksi bersih teluk kali ini, partisipasi dari berbagai pihak sangat signifikan. Forkopimda, yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah, memberikan dukungan penuh dengan mengirimkan personelnya untuk turut serta dalam kegiatan ini.

Selain membersihkan Teluk Kendari dari sampah-sampah yang mengotorinya, kegiatan ini juga menjadi momen edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan laut dan lingkungan secara keseluruhan.

Selama aksi pungut sampah, peserta diberikan peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan, seperti sarung tangan dan kantong sampah, untuk memudahkan dalam pengumpulan sampah.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dapat semakin meningkat, bukan hanya di kalangan pemerintah dan instansi terkait, tetapi juga di kalangan masyarakat. (ags/adv)

  • Bagikan

Exit mobile version