135 Pendaftar Calon Angota PPK di Wakatobi

  • Bagikan
Ketua KPU Wakatobi, La Deni

-- KPU Wakatobi Endus Satu Calon Terdaftar Sebagai Anggotai Parpol

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi ditutup 29 April lalu.  Satu dari 135 pelamar terendus berasal dari salah satu partai politik (parpol).

Ketua KPU Wakatobi, La Deni menjelaskan setelah pendaftaran perekrutan PPK ditutup, pihaknya membuka perekrutan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Namun pada tanggal 31 April hingga 3 Mei ini akan dilakukan penelitian calon anggota PPK. Pihaknya menemukan satu pendaftar terindikasi dan terbaca dalam SIAKBA KPU sebagai anggota parpol.

Jadi sampai penutupan pendaftaran per tanggal 29 April lalu tercatat ada sebanyak 135 calon peserta. Dari yang mendaftar ini satu yang terindikasi berasal dari paprol. Yang bersangkutan berasal dari Kecamatan Wangi-Wangi Selatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan menindaklanjuti hal ini dengan melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan. “Apakah benar-benar masuk di parpol atau sudah berhenti. Jika dicatutkan tapi yang bersangkutan tidak tahu menahu maka harus ada surat pernyataan dari parpol bahwa yang bersangkutan dicatutkan tanpa sepengetahuan yang bersangkutan,” tambahnya.

Sementara untuk pengurus atau sebagai anggota parpol sudah harus mengundurkan diri sebelum lima tahun. “Nanti akan kita cek dipemberkasan. Setelah itu akan kita tindaklanjuti minta klarifikasi kepada yang bersangkutan nantinya,” tambahnya.

Selain itu, KPU Wakatobi memastikan tidak ada perpanjangan pendaftaran PPK karena mencukupi kuota lebih dua kali kebutuhan. Kebutuhan PPK setiap kecamatan sebanyak lima orang. Kabupaten Wakatobi memiliki delapan Kecamatan, sehingga anggota PPK yang diperlukan sebanyak 40 orang.

Pendaftar PPK Kecamatan Wangi-Wangi sebanyak 22 orang, Wangi-Wangi Selatan capai 30 pendaftar, 10 orang dari Kaledupa dan sebanyak 12 orang dari Kaledupa Selatan. Tomia dan Tomia Timur masing-masing 19 orang, Binongko terbanyak yakni 25 orang dan Kecamatan Togo Binongko berjumlah 16 pendaftar. (thy/b)

  • Bagikan

Exit mobile version