Tekankan Budaya MaluBagi Peserta Didik

  • Bagikan
Plt. Bupati muna, Bachrun (kiri) didampingi Sekda muna, eddy Uga dengan menggunakan adat muna. (DEDEH AYU/kP/)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Program Merdeka Belajar yang dicetuskan Mendikbud Nadiem dianggap berdampak positif buat pendidikan di Kabupaten Muna. Karena itu, guru dan murid bisa berekspresi tanpa tekanan sehingga bisa melahirkan karya baru dari kurikulum Merdeka Belajar.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Muna, Bachrun Labuta memaparkan, dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran juga penting untuk menerapkan perilaku budaya. Apabila sistem budaya bisa diterapkan, maka kualitas pendidikan di Muna akan maju dengan sendirinya.

“Dalam melakukan proses belajar mengajar, penekanan terhadap budaya juga sangat penting. Terutama budaya malu dan budaya disiplin yang wajib ditekankan pada peserta didik. Karena, sebuah prestasi bisa diraih apabila penekanan budaya bisa diterapkan di lingkungan sekolah, baik pengajar maupun peserta didik,” paparnya.

Selain itu, ia mengimbau agar guru, orang tua dan masyarakat dapat bersinergi untuk menjadi sumber kekuatan dalam meningkatkan kinerja pendidikan dan menumbuhkembangkan karakter anak.

“Dengan sinergi yang tepat, saya yakin kita dapat membangun generasi emas calon penerus estafet pembangunan kemajuan Muna di masa depan. Hari Pendidikan Nasional juga menjadi momen yang tepat merefleksikan kembali bagaimana upaya kita meningkatkan derajat pendidikan melalui upaya bersama mewujudkan merdeka belajar,” pungkasnya saat memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional. (deh/c)

  • Bagikan

Exit mobile version