Konsel Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

  • Bagikan
Bupati Konsel, Surunuddin, menyerahkan sertifikasi akreditasi Puskesmas
Bupati Konsel, Surunuddin, menyerahkan sertifikasi akreditasi Puskesmas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dibawah nakhoda dr. Boni terus bergerak meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakatnya. Tahun 2023, serangkaian program Kabupaten Konsel fokus pada pembangunan infrastruktur kesehatan, dengan pembangunan gedung Puskesmas yang sesuai standar sebagai salah satu prioritas utama.

“Langkah ini diikuti dengan pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) Prima sebanyak 102 lokus yang tersebar di 23 kecamatan, meningkatkan akses kesehatan di daerah-daerah terpencil,”kata dr. Boni.

Komitmen untuk menyediakan layanan kesehatan yang prima juga tercermin dari pemenuhan sarana transportasi medis. Sebanyak 20 unit ambulance Puskesmas dan 26 unit kendaraan roda dua disiapkan. Hal ini untuk memastikan evakuasi dan penanganan medis dapat dilakukan dengan cepat dan efisien di seluruh wilayah Kabupaten Konsel.

“Kami juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan alat antropometri sebanyak 419 posyandu yang tersebar di seluruh desa. Selain itu, pengadaan kapal Laonti dan Tinanggea juga dilakukan untuk mendukung akses kesehatan di wilayah yang sulit dijangkau,”paparnya.

Keberhasilan Kabupaten Konsel tidak hanya terlihat dari infrastruktur fisik, tetapi juga dari kegiatan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan. Pelatihan kader Posyandu dilaksanakan di seluruh desa sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat. “Tak hanya itu, sebanyak 9 jenis pelatihan dilakukan pada tahun 2023 untuk meningkatkan pelayanan di berbagai bidang kesehatan,” jelasnya. (rah/adv)

  • Bagikan

Exit mobile version