110 Anggota PPK Dibutuhkan di Pilkada Muna

  • Bagikan
Plh Ketua KPU, La Tasman
Plh Ketua KPU, La Tasman

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna tengah membuka seleksi calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024. Pendaftaran dibuka selama 23 April hingga 29 April 2024.

Ketua KPU Muna, LM. Askar Adi Jaya melalui pelaksana harian (Plh) Ketua KPU, La Tasman mengatakan proses rekrutmen badan adhoc dilakukan secara terbuka untuk umum. Hal ini sesuai keputusan KPU Republik Indonesia (RI) Nomor 476 tentang pembentukan badan adhoc.

“Proses rektrutmen buka untuk umum, guna memastikan transparansi dan kompetensi bagi calon anggota PPK. Pendaftarannya melalui online berbasis aplikasi sistem informasi KPU. Untuk pengiriman dokumen persyaratan mandiri melalui Siakba KPU. Sedangkan dokumen fisik disampaikan paling lambat sebelum pelaksanaan tes tertulis,” kata Tasman, kemarin.

Kordiv Sosialisasi, Pendidikan, Partisipasi masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Muna itu juga menjelaskan, nantinya para pendaftar akan melalui beberapa tahapan yakni pengumuman hasil seleksi administrasi, kemudian seleksi tertulis yang menggunakan sistem computer assited test (CAT).

“Apabila dinyatakan lolos tes tertulis, maka tahapan selanjutnya pendaftar akan melakukan tes wawancara. Kemudian, pengumuman hasil seleksi final dan terakhir pelantikan anggota PPK” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan pada tahapan pilkada ini, KPU membutuhkan 110 PPK yang tersebesar di 22 kecamatan di Muna. Masing-masing kecamatan akan memiliki lima anggota PPK.

“Komposisi anggota PPK tiap kecamatan sama dengan Pemilihan umum (Pemilu) 2024, yaitu lima orang per kecamatan. Kita berharap, mereka yang mendaftar memiliki integritas, pribadi yang kuat serta jujur dan adil,” pungkasnya.

Diketahui, untuk pendaftaran calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) akan dilakukan pada Mei 2024 mendatang. Dengan kebutuhan anggota PPS sebanyak 450 orang. (deh/b)

  • Bagikan

Exit mobile version