Direktur MDI : AJP Berpeluang Unggul di Pilwali

  • Bagikan
Aksan Jaya Putra (AJP), Bakal calon Wali Kota Kendari / Ketua Bappilu Partai Golkar Sultra
Aksan Jaya Putra (AJP), Bakal calon Wali Kota Kendari / Ketua Bappilu Partai Golkar Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kota Kendari digelar November 2024. Sederet nama bakal calon (balon) Wali Kota Kendari bermunculan. Yang menarik perhatian adalah pencalonan Aksan Jaya Putra (AJP), kader Partai Golkar sekaligus Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD I Golkar Sultra.

Direktur Mitra Demokrasi Indonesia (MDI) Andi Taufiq Aris menilai, sosok Aksan Jaya Putra muncul sebagai figur yang aspiratif, merakyat dan memiliki deretan prestasi mentereng. Karakter yang dimiliki Aksan Jaya Putra itu menjadi bekal sekaligus modal besar dalam pertarungan kontestasi Pilwali Kendari. Apalagi Aksan Jaya Putra adalah kader partai besar, Partai Golkar.

"Kami menilai, Golkar selalu menjadi lumbung pemimpin potensial untuk eksekutif. Tapi untuk wilayah Sultra, Aksan Jaya Putra mengantongi skor istimewa dan berpeluang unggul Pilwali Kendari," ujar Andi Taufiq kepada Kendari Pos, Selasa (2/4/2024).

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024, Aksan Jaya Putra yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Sultra, kembali terpilih lewat Dapil Kota Kendari dengan tren perolehan suara signifikan.

Aksan Jaya Putra yang juga Ketua Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Sultra itu juga sukses menjadi motor penyangga optimalnya perolehan suara di Kota Kendari. Bukan hanya suara pribadi Aksan Jaya Putra di Pileg DPRD Provinsi Sultra, tapi juga suara Partai Golkar secara umum.

"Publik tidak mungkin mengingkari bagaimana Aksan Jaya Putra sukses menjadi agregator bagi Golkar Kota Kendari. Gerakan Aksan Jaya Putra lewat kanal MKGR dan status sebagai Ketua Bappilu Partai Golkar Sultra seperti sumbu yang membuat sepak terjang Golkar di Pileg menjadi sangat positif," kata Andi Taufiq.

Pada Pileg DPRD Kota Kendari dalam Pemilu tahun 2024 ini, Partai Golkar Kendari berhasil meraih kursi Ketua DPRD dengan mendulang 6 kursi. "Prestasi ini saya yakini menjadi catatan spesifik bagi DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai Golkar untuk mengusung kadernya di Pilwali Kendari. Otentisitas Aksan Jaya Putra sebagai kader partai juga terjaga sejak ia bergabung dengan Golkar," ungkap Andi Taufiq

Menurut Andi Taufiq , raihan itu menggembirakan dalam agenda kontestasi Pilwali Kendari. Partai Golkar Kendari hanya 1 kursi dari partai koalisi untuk memenuhi syarat mengusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari.

"Syarat untuk maju di Pilwali, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari harus diusung oleh 7 kursi partai politik pemilik kursi di DPRD Kendari. Di DPRD Kota Kendari terdiri dari 35 kursi DPRD,"tutur Andi Taufiq.

Ia juga menyebut, secara personal Aksan Jaya Putra menjadi sosok yang banyak dibicarakan karena catatan-catatan prestasi individualnya. Pada tahun 2022, Aksan Jaya Putra dianugerahi The Best Leadership dari Indonesia Magazine Achievement. Tahun berikutnya, Aksan Jaya Putra juga mengantongi penghargaan Sultra Award Kendari Pos 2023.

Andi Taufiq menegaskan, tidak banyak tokoh politik Sultra yang punya kepedulian tinggi pada dunia olahraga. Aksan Jaya Putra selaku Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Konsel menebar banyak jasa memajukan dunia olahraga Sultra lewat sejumlah turnamen olahraga yang digelarnya.

"Jadi, kami yakin, akumulasi prestasi di jalur politik, ditambah nilai plus personality Aksan Jaya Putra di bidang lain sangat cukup bagi DPP Golkar untuk memberi kesempatan Aksan Jaya Putra mengabdi di level yang lebih luas selaku Wali Kota Kendari," tegas Andi Taufiq.

Terpisah, bakal calon Wali Kota Kendari Aksan Jaya Putra (AJP) mengaku optimistis bisa mendapatkan restu dari DPP Golkar untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Kendari, periode 2024-2029. Optimisme Aksan Jaya Putra itu tak lepas dari diterbitkannya surat tugas dari DPP Golkar untuk membangun konsolidasi menuju Pilwali.

Aksan Jaya Putra tak menampik jika DPP Golkar sebelumnya telah mengeluarkan sebanyak 4 surat tugas masing-masing untuk dirinya, LM Inarto (Ketua DPD II Golkar Kota Kendari), LM Rajab Jinik (Anggota DPRD Kota Kendari), dan Haris Andi Surahman (Kader Partai Golkar Sultra).

Aksan Jaya Putra mengaku dari 4 kader itu, dirinya serius maju dalam gelanggang pertarungan Pilwali Kendari. Sementara 3 kader lainnya telah legawa dan memberikan jalan kepadanya untuk menggunakan partai berlambang pohon beringin itu sebagai kendaraan politiknya dalam Pilwali Kendari nanti.

Tapi kata Aksan Jaya Putra, Golkar selalu memprioritaskan kader untuk diusung dalam setiap pertarungan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). “Yang lain silakan mendaftar, tapi Golkar akan selalu memprioritaskan kader dan itu yang harus digarisbawahi. Yang jelas, tinggal saya yang pegang surat tugas. DPP Golkar nanti bisa lihat itu,” ujarnya kepada Kendari Pos.

Aksan Jaya Putra menegaskan sudah siap lahir batin untuk mundur dari jabatan DPRD Sultra demi maju di Pilwali Kota Kendari. “Mau mundur dari jabatan 2019 atau 2024, tidak ada masalah,” tegasnya.

Selain intens berkomunikasi di internal Partai Golkar, Aksan Jaya Putra juga menyebut, telah menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Kendari. Bahkan, berencana mendaftar di PDI Perjuangan Kota Kendari saat partai besutan Megawati Soekarnoputri itu membuka penjaringan bakal calon Wali Kota Kendari. “Saya sudah diberi tahu oleh PDIP. Kalau dikasih ruang, kenapa tidak kita mendaftar juga,” pungkasnya. (ags/b)

AKSAN MENUJU PILWALI

AKSAN SOSOK MERAKYAT
~Direktur MDI Andi Taufiq Aris menilai, Aksan Jaya Putra adalah sosok aspiratif dan merakyat
~Aksan Jaya Putra juga memiliki deretan prestasi menteren
~Karakter Aksan Jaya Putra itu menjadi bekal dan modal besar dalam kontestasi Pilwali Kendari
~Apalagi Aksan Jaya Putra adalah kader partai besar, Partai Golkar
~Golkar lumbung pemimpin potensial untuk eksekutif
~Di Sultra, Aksan Jaya Putra mengantongi skor istimewa
~Bahkan berpeluang unggul Pilwali Kendari

BALON WALI KOTA KENDARI
~Pilwali Kendari digelar November 2024
~Sederet bakal calon (balon) Wali Kota Kendari bermunculan
~Yang menarik perhatian adalah Aksan Jaya Putra (AJP)
~Aksan Jaya Putra adalah Ketua Bappilu Golkar Sultra

GEMILANG DI PILEG
~Aksan Jaya Putra gemilang di Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024
~Aksan Jaya Putra kembali terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Sultra
~Di Dapil Kota Kendari, Aksan meraih suara signifikan
~Aksan Jaya Putra dinilai sukses menjadi motor penyangga optimalnya perolehan suara Golkar di Kota Kendari
~Bukan hanya suara pribadi, Aksan juga sumbang suara untuk Partai Golkar
~Publik tidak mengingkari Aksan menjadi agregator bagi Golkar Kota Kendari
~Gerakan Aksan Jaya Putra lewat MKGR dan Ketua Bappilu seperti sumbu yang membuat Golkar unggul di Pileg

BERPRESTASI
~Secara personal Aksan Jaya Putra punya catatan prestasi individual
~Tahun 2022, Aksan dianugerahi The Best Leadership dari Indonesia Magazine Achievement
~Aksan Jaya Putra juga mengantongi penghargaan Sultra Award Kendari Pos 2023
~Aksan Jaya Putra tokoh politik yang peduli pada dunia olahraga
~Aksan Jaya Putra menjabat Ketua KONI Kabupaten Konawe Selatan
~Ia menebar banyak jasa memajukan dunia olahraga Sultra lewat turnamen olahraga
~Akumulasi prestasi politik dan nilai personality Aksan Jaya Putra sangat cukup bagi DPP Golkar untuk merestuinya tampil di Pilwali

  • Bagikan