Dimulai di Era Sulkarnain, Tuntas di Masa Yusup

  • Bagikan
INNER RINGROAD : Pembangunan jalur lingkar dalam kota atau inner ringroad telah 100 persen. Fase terakhir berupa pembangunan jembatan penghubung jalan dari RSUD Kota Kendari menuju jalur kembar Kali Kadia telah tuntas. Saat ini, jalan ini sudah bisa dilewati kendaraan. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)
INNER RINGROAD : Pembangunan jalur lingkar dalam kota atau inner ringroad telah 100 persen. Fase terakhir berupa pembangunan jembatan penghubung jalan dari RSUD Kota Kendari menuju jalur kembar Kali Kadia telah tuntas. Saat ini, jalan ini sudah bisa dilewati kendaraan. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)

--Jalur Kembar Kali Kadia Telah Terhubung

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Setelah sempat tertunda pengerjaannya, proyek pembangunan jalur lingkar dalam kota atau lebih dikenal dengan proyek Inner Ringroad bisa dituntaskan. Kini, jalan ZA Sugianto menuju jalur kembar Kali Kadia sudah terhubung. Meski masih dilakukan pembersihan, sejumlah kendaraan sudah bisa melintasi.

Masa pengerjaan proyek yang menelan anggaran sebesar Rp 204 miliar ini terbilang cukup lama. Awalnya, proyek ini ditargetkan rampung tahun Desember 2021. Namun karena berbagai kendala, pembangunan jalan yang dimulai di era Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir ini bisa dituntaskan Maret 2024.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari Erlis Sadya Kencana mengatakan proyek pembangunan jalur lingkar dalam kota telah rampung. Saat ini, jalur dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari menuju The Park sudah berfungsi dan bisa dilintasi pengendara.

"Satu sisi jalur bentangan 90 arah menuju The Park Kendari sudah bisa digunakan. Satu sisi lain, kita sudah finishing. Sementara rigid lainnya masih pembersihan. struktur sudah selesai tinggal railing pinggi jalur supaya (pengendara) aman. Kita kasih pembatas," jelas nya, kemarin.

Dengan beroperasinya jalur menuju The Park Kendari lanjutnya, secara otomatis seluruh jalur inner Ringroad telah terhubung mulai dari akses Jalan ZA Sugianto, RSUD Kota Kendari (Rujab Wali Kota Kendari) dan Jalan MT Haryono atau pertigaan kampus baru Universitas Halu Oleo (UHO).

"Kami harap bisa mengurai kemacetan Kota Kendari terutama pada jam berangkat dan pulang kerja atau sekolah. Di sisi lain, mengurai kepadatan kendaraan di jalur protokol
libur mudik lebaran," ungkap Erlis Sadya Kencana.

Seperti diketahui, pembangunan inner ringroad terancam terhenti di tengah jalan. Kendala paling krusial ketika kontraktor pertama yang mengerjakan proyek ini yakni PT Istaka Karya mengalami pailit. Kondisi tersebut membuat Pemkot Kendari harus melelang kembali pekerjaan sehingga memakan waktu cukup lama. Lewat kontraktor yang baru, pembangunan jalur lingkar dalam kota bisa dituntaskan tahun 2024. (b/ags)

Proyek Inner Ringroad

1.Anggaran Rp 204 miliar
-Sumber Pembiayaan Anggaran PEN
-Mulai Dikerja 18 Oktober 2021
-Tuntaskan Maret 2024

2.Panjang Jalur 4,1 Km
-Jalan RSUD Kendari-Jalur Kembar Kali Kadia 1,5 Km
-Jalan ZA Sugianto-Jalan Mokodompit 2,6 Km

3.Jalan Konstruksi Beton
-Lebar Jalan 30 Meter

4.Mengurai Kemacetan dan Meningkatkan Aksesibilitas

  • Bagikan