Tenun Bombana Bersinar di Panggung IFW 2024

  • Bagikan
Pj Ketua Dekranasda Bombana, Aeni Mutmainnah, memperagakan tenun khas Bombana yang didesain lungsung oleh Desaianer Akbar Tan di IFW.
Pj Ketua Dekranasda Bombana, Aeni Mutmainnah, memperagakan tenun khas Bombana yang didesain lungsung oleh Desaianer Akbar Tan di IFW.

-- Pj Edy: Momentum Memperkenalkan Kreativitas dan Pariwisata Daerah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pertunjukan kain khas Bombana, yang dipresentasikan dengan tema Bombana Moico, menjadi salah satu sorotan utama dalam Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center. Tidak hanya sebagai ajang mode bergengsi, kehadiran tenun dengan motif-motif khas Bombana juga menjadi wujud nyata dari upaya dari Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto untuk mengangkat dan memperkenalkan kekayaan budaya serta kreativitas lokalnya ke gelanggang nasional.

Dalam pagelaran tersebut, busana-busana dengan corak khas Bombana menggambarkan elegansi dan keindahan yang mencerminkan identitas daerah, yang tidak hanya sekadar peragaan mode, tetapi juga sebuah narasi visual yang memperkaya pemahaman tentang keberagaman budaya Indonesia.

Edy Suharmanto mengatakan, keterlibatan Kabupaten Bombana dalam acara prestisius ini memiliki makna yang lebih dalam. Selain memperkenalkan ragam kain dan motif tradisional, partisipasi ini juga merupakan salah satu upaya strategis untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah.

“Melalui acara ini, masyarakat luas dapat lebih mengenal potensi yang dimiliki Bombana, baik dari keindahan corak kainnya, budaya serta keindahan alam yang dimiliki,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anisa Sri Prihatin menyatakan keikutsertaan Bombana merupakan komitmen untuk terus mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata daerah. Selain itu, Indonesia Fashion Week juga menjadi momentum penting bagi pelaku industri fashion lokal untuk berkolaborasi, bertukar pengalaman, dan menjalin kerjasama yang berpotensi mengembangkan industri kreatif di Bombana.

“Melalui pertukaran ide dan kreativitas, diharapkan akan lahir lebih banyak inovasi dalam penggunaan kain-kain tradisional yang khas dari daerah Bombana,” tuturnya.

Anisa berharap, kehadiran Bombana dalam panggung mode nasional ini dapat membuka mata masyarakat luas akan keindahan warisan budaya dan keanekaragaman alam yang dimiliki daerah.

“Diharapkan minat wisatawan untuk mengunjungi Bombana tidak hanya terbatas pada eksplorasi alamnya yang memukau, tetapi juga merasakan kekayaan budaya yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas daerah Bombana,” harapnya.

Sebagai informasi, dalam ajang Indonesia Fashion Week tersebut, turut hadir Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si didampingi Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana, Aeni Mutmainnah, S.Pd.,MM, yang ikut tampil dalam peragaan busana dalam Indonesia Fashion Week di Jakarta Convention Center. (idh/adv)

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto, bersama Pj Ketua Dekranasda Bombana, Aeni Mutmainnah, yang turut hadir dalam IFW 2024 di JCC.
Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto, bersama Pj Ketua Dekranasda Bombana, Aeni Mutmainnah, yang turut hadir dalam IFW 2024 di JCC.

  • Bagikan