16 Incumbent Tumbang, Hanya Tujuh Bertahan

  • Bagikan
Ketua KPU Koltim, Murhum Halik
Ketua KPU Koltim, Murhum Halik

--Parlemen Koltim Diramaikan Debutan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim) telah menetapkan suara terbanyak hasil pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024. Terkhusus bagi calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten yang sudah diketahui siapa partai peraih suara terbanyak dan Caleg berhak mendapatkan kursi.

Untuk diketahui, dalam kontestasi Pemilu tahun ini, 23 anggota DPRD Koltim kembali maju memertahankan kursi. Sayangnya, hanya ada tujuh berhasil bertahan dan 16 orang tumbang, termasuk Ketua DPRD saat ini, Suhaemi Nasir. Sementara dua orang incumbent memang tidak ikut bertarung lagi.

Ketua KPU Koltim, Murhum Halik, menyatakan, pleno tingkat kecamatan dan kabupaten telah tuntas dan pemenang Pemilu 2024 telah diketahui.

“Alhamdulillah pleno kecamatan dan kabupaten berjalan lancar serta aman. Mudah-mudahan kedepannya tetap begitu hingga semuanya tuntas,” jelas Murhum Halik, Kamis (29/2).

Ia merinci, perolehan suara perseorangan Caleg tertinggi di daerah pemilihan (Dapil) I (Tirawuta, Loea, Lalolae) adalah I Nyoman Darmawan dari Nasdem dengan 1.637 suara, Diana Massie 871 suara dari PDIP, Nakean 1.124 dari Partai Gerindra, Hj. Andi Rasbiatung 1.556 suara dari Nasdem, Bahrul (Demokrat) meraih 732, dan Syukur dari Partai Demokrat sebanyak 1.134 suara.

Sementara untuk Dapil II (Ladongi, Polipolia) diantaranya Irwansyah (Nasdem) 1.584 suara, Nurfadillah (Gerindra) 1.559, Sukirman (Golkar) 949 suara, Sarmawan (PKS) 961 suara, Risman (PAN) 1.803 suara, I Made Margi (PDIP) 993 suara, Hj. Jumhani (Nasdem) 1.394 suara dan Eka Saputra (Gerindra) 1.097 suara.

Untuk Dapil III (Lambandia, Aere dan Dangia) yang tertinggi diantaranya Irwanto dari Nasdem sebanyak 2.142 suara, Muhtadir (Nasdem) 1.821 suara, Aris Prasetyo (Gerindra) 1.938 suara, Juslan Efendi Kadir (PKB) 928 suara, Rumina (Nasdem) 1.390 dan Amrun (Golkar) sebanyak 1.315 suara.

Sementara Dapil IV (Mowewe, Uluiwoi, Tinondo dan Ueesi) diantaranya Santri (PAN) sebanyak 1.823 suara, Jumrin (Nasdem) 644 suara, Adrianus Lewi (PDIP) 925 suara, Oddang (Golkar) 742 suara Partai Golkar dan Suprianto (Gerindra) 728 suara. (b/kus)

Incumbent DPRD Koltim yang tak Lolos :
-Suhaemi Nasir (Nasdem)
-Andi Basir (Nasdem)
-Eka (Nasdem)
-Yudo Handoko (Nasdem)
-Rahmatia Lukman (PAN)
-Arham (Gerindra)
-Ramli Madjid (PBB)
-I Ketut Maria Asmara (PDIP)
-Ali Topan (NasDem)
-Yunianti (Nasdem)
-Anwar Anas (PKS)
-Murni (Demokrat)
-Tasba Tayeb (Gerindra)
-Andi Musmal (PAN)
-Amila Rahmil (PAN)
-Yosep Sahaka (Golkar)

Tidak Mencalonkan Diri Kembali :
-Rosdiana (Nasdem)
-Ridwan Basnapal (PKS)

Incumbent yang Lolos :
-Syukur (Demokrat)
-Bahrul (Demkorat)
-I Made Margi (PDIP)
-Adrianus Lewi (PDIP)
-Jumhani (Nasdem)
-Sukirman (Golkar)
-Risman Kadir (PAN)

  • Bagikan