Pj Bupati Bombana Gagas Kartu Satu Data

  • Bagikan
KUNJUNGI WARGA: Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto menyalami warga saat berkunjung di Kabaena, baru-baru ini. (Maslinda/Kendari Pos)
KUNJUNGI WARGA: Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto menyalami warga saat berkunjung di Kabaena, baru-baru ini. (Maslinda/Kendari Pos)

--Mudahkan Warga Miskin Akses Layanan Publik Gratis

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto terus menunjukkan keseriusannya, dalam membangun Kabupaten Bombana dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Berbagai potensi yang dimiliki daerah terus dikembangkan.

Lebih dari itu, Edy juga terus berupaya menghadirkan solusi konkret, bagi masalah sosial yang tengah dihadapi masyarakat. Terutama persoalan dalam menekan angka kemiskinan dan miskin ekstrem yang ada di Bombana.

Terbaru, Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto menggagas program Kartu Satu Data. Melalui Kartu Satu Data, Edy akan memberikan layanan publik gratis kepada masyarakat Bombana yang masuk dalam kategori miskin dan miskin ekstrem.

Pj Bupati Edy menjelaskan, Kartu Satu Data ini nantinya, akan dibagikan kepada masyarakat Bombana, yang masuk dalam kategori miskin dan miskin ekstrem. Dalam kartu ini, masyarakat yang telah terdata dan masuk dalam kategori miskin dan miskin ekstrem, akan memperoleh berbagai layanan publik secara gratis di lingkup Bombana.

"Dalam Kartu Satu Data ini, akan tersedia berbagai layanan gratis yang bisa dimanfaatkan pemilik kartu. Layanan dimaksud seperti, layanan kesehatan, bantuan hukum, hingga layanan transportasi. Seperti transportasi laut,” ungkap Edy.

Diakuinya, Kartu Satu Data merupakan salah satu langkah untuk menurunkan angka kemiskinan yang ada di Bombana. Terlebih, Menko PMK telah mengeluarkan data angka kemiskinan dan miskin ekstrem yang ada di Bombana.

“Dengan kartu ini, warga dapat menikmati berbagai fasilitas. Termasuk layanan gratis kesehatan, bantuan hukum, dan transportasi laut tanpa biaya. Langkah inovatif ini diambil untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di Bombana, sesuai dengan data yang telah dikeluarkan oleh Menko PMK. Kami menyakini, konektivitas Kartu Satu Data dengan seluruh layanan publik Insyaalah akan membantu menekan angka kemiskinan,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Bombana, Drs. Man Arfa menambahkan, Kartu Satu Data yang diinisiasi Pj Bupati Bombana, lebih dari sekadar identifikasi status ekonomi saja. Sebab, Kartu Satu Data ini nantinya, akan menjadi kunci akses bagi pemiliknya, untuk mendapatkan berbagai layanan publik secara gratis di lingkup Bombana.

“Semua layanan publik di Bombana akan terkoneksi dengan kartu ini,” imbuhnya.

Sebagai informasi, selain menginisiasi Kartu Satu Data, Pj Bupati Edy Suharmanto juga sebelumnya telah menginisiasi kios inflasi yang baru-baru ini telah terealisasi dan dilaunching. Begitupun dengan inisiasi Pj Edy, untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Bombana, khsusnya di Pulau Kabaena, dengan menginisiasi pembangunan Rumah Sakit tipe D. (idh/b)

  • Bagikan