Asesmen Madrasah di Kota Kendari Gunakan Aplikasi Azzahra

  • Bagikan
Suasana pembelajaran siswa di MAN 1 Kendari. (DOK. MAN 1 KENDARI)
Suasana pembelajaran siswa di MAN 1 Kendari. (DOK. MAN 1 KENDARI)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Asesmen Madrasah (AM) pada satuan pendidikan tingkat madrasah akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang dengan menggunakan aplikasi Azzahra. Olehnya itu, MAN 1 Kendari sedang melakukan persiapan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan AM nantinya.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa pihaknya sudah membentuk panitia mulai dari pembuat soal hingga kisi-kisinya sebagai bentuk persiapan AM. Untuk pelaksanaannya asesmen sekitar 13 Maret 2024 mendatang. "Dengan mekanisme berbasis android menggunakan aplikasi Azzahra," ungkapnya.

La Tangkalalo menjelaskan, bahwa jumlah siswa kelas XII yang akan mengikuti Asesmen Madrasah berjumlah 412 dan mereka sudah siap mengikuti asesmen. Selain itu, pihaknya telah menyiapkan 11 lokal dengan masing-masing satu operator. Kemudian MAN 1 Kendari juga sudah mempersiapkan para siswa jauh-jauh hari sebelum mereka mengikuti AM.

“Jadi asesmen ini walaupun dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan kelulusan itu ditentukan oleh satuan pendidikan tetapi kami selalu mempersiapkan siswa dengan baik, sehingga hal yang diperoleh juga memuaskan. Kemungkinan pelaksanaannya di 13 Maret karena sesuai jadwal yang diberikan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) yaitu antara tanggal 4 sampai 30 Maret,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa, AM merupakan asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. "Sehingga kegiatan asesmen madrasah nantinya dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan," pungkas La Tangkalalo. (win/b)

  • Bagikan