Tingkatkan Minat Literasi Siswa SMKN 5 Kendari Belajar Jurnalistik

  • Bagikan
Para siswa-siswi SMKN 5 Kendari menghadiri gelaran Kendari Pos Road to School.
Para siswa-siswi SMKN 5 Kendari menghadiri gelaran Kendari Pos Road to School.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Di era keterbukaan, informasi sangat mudah diakses. Hanya saja, kabar yang beredar belum tentu benar. Bukan rahasia lagi, berita hoax banyak bertebaran di media sosial (medsos). Untuk itulah, para generasi Z harus bisa menyaring informasi. Jangan menelan mentah-mentah kabar yang diterima. Kroscek kebenarannya. Jangan sampai ikut-ikutan menyebarkan hoax.

Pemred Kendari Pos Inong Saputra memberikan pemaparan terkait jurnalisme kepada para siswa SMKN 5 Kendari.

Untuk mencerahkan para generasi milenial, Kendari Pos keliling Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat berbagi ilmu jurnalistik. Lewat program Kendari Pos Road To School, media lokal pertama di Bumi Anoa ini terus mengedukasi para pelajar. Selasa (27/2), giliran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Kendari. Rombongan Kendari Pos dipimpin Wakil Direktur Awal Nurjadin.

Wadir Kendari Pos Awal Nurjadin (kiri) didampingi Wakil Kepala SMKN 5 Kendari Aryati (kanan) menyerahkan souvenir kepada siswa.

Seperti halnya di sekolah lain, program Kendari Pos Road To School di SMKN 5 Kendari mendapat sambutan antusias. Apalagi tujuan program ini tak lain menumbuhkan minat literasi siswa melalui materi tentang jurnalistik. Kali ini, rombongan manajemen Kendari yang dipimpin Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurdin menyambangi SMKN 5 Kendari. Ratusan siswa SMKN 5 Kendari begitu serius dan antusias menyimak pemaparan setiap pemateri. Mereka berlomba-lomba menanggapi dan bertanya tentang dunia kewartawanan.

Jajaran manajemen Kendari Pos foto bersama para siswi SMKN 5 Kendari pada momen Kendari Pos Road to School.

Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin mengatakan fungsi media sebagaimana yang diamanatkan UU pers nomor 40 tahun 1999 ada empat poin. Yakni media informasi, pendidikan atau edukasi, hiburan dan kontrol sosial. Pada program Road To School ini, Kendari Pos mewujudkan dua fungsi media yakni edukasi dan hiburan.

Wakil Kepala SMKN 5 Kendari Aryati (tengah), Wadir Kendari Pos Awal Nurjadin (dua kiri) dan Pemred Kendari Pos Inong Saputra (dua kanan) bersama jajaran.

"Melalui kegiatan Kendari Pos Road To School guna menumbuhkan literasi siswa. Kami akan memilih 10 siswa SMKN 5 Kendari bergabung dalam pelajar dari sekolah lain. Nantinya, akan dilatih khusus tentang menulis, fotografer dan desain,” kata Awal Nurjadin kemarin

Para siswa-siswi SMKN 5 Kendari menyimak pemaKendari pemaparan dari narasumber paran dalam ajang Kendari Pos Road to School.

Mantan Redaktur Kendari Pos ini turut mengenalkan plat form media yang mem-back up koran cetak Kendari Pos. Saat ini, Kendari Pos punya tiga media online yakni KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID, Kendarinews.com, dan Ragamkendari. com. Selain itu, Kendari Pos memiliki koran digital dan podcast yang bisa ditonton lewat kanal YouTube.

Pemred Kendari Pos, Inong Saputra.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 5 Kendari Aryati mengungkapkan ada enam jurusan di SMKN 5 Kendari. Mulai agribisnis perikanan, agribisnis pengolahan hasil pertanian, agribisnis tanaman pangan dan hortikultura, teknik komputer dan jaringan, teknik sepeda motor serta desain komunikasi visual. Dengan kegiatan Road To School, siswa kami bisa mendapatkan ilmu jurnalistik dan kerja kewartawanan.

Wakil Kepala SMKN 5 Kendari, Aryati.

"Kami berharap agar Kendari Pos menggelar kegiatan berupa lomba menulis, desain dan lain sebagainya. Melalui kegiatan lomba nantinya, kita bisa mengukur sejauh mana kemampuan siswa-siswi kita dalam memahami ilmu Jurnalistik setelah adanya kegiatan Kendari Pos Road To School,” harapnya. (c/win)

Wadir Kendari Pos, Awal Nurjadin.
Manajer Online dan Sosmed Kendari Pos, Yusip Herianto.
  • Bagikan