Surunuddin Tanamkan Kecintaan Al Quran

  • Bagikan
Bupati Konsel H Surunuddin Dangga (tengah) saat memimpin rapat persiapan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVIII tahun 2024, baru-baru ini. (PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS)
Bupati Konsel H Surunuddin Dangga (tengah) saat memimpin rapat persiapan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVIII tahun 2024, baru-baru ini. (PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS)

--Awal Maret Gelar MTQ ke-XVIII Tingkat Kabupaten Konsel

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Musabaqah Tilawatil Qur’an bukanlah sekedar lomba untuk mencari qari-qariah dan hafid hafidzah terbaik. Akan tetapi MTQ merupakan upaya konkret umat Islam menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup.

Hal tersebut dipahami betul oleh Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga. Saban tahun Pemerintah Kabupaten Konsel dalam komando Bupati Surunuddin menggelar lomba MTQ. Tahun 2024, MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Konsel akan diselenggarakan di Kecamatan Konda pada 5-8 Maret.

“Kami berharap seluruh stakeholder terkait ambil peran dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ ini. Saya meminta seluruh pihak untuk mempersiapkan keseluruhannya, termasuk arus lalu lintas saat karnaval. Berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk keamanannya,” kata Bupati Surunuddin kepada Kendari Pos, Minggu (25/2/2024).

Mengingat waktu pelaksanaan MTQ kian dekat, Bupati Surunuddin benar-benar mematangkan persiapan. Bupati Konsel 2 periode itu ingin penyelenggaraan MTQ semeriah mungkin. Juga sebagai ajang seleksi untuk tingkat provinsi nantinya. “Saya harapkan kerja sama yang baik untuk mempersiapkan qariah-qariah supaya potensi di Konsel ini kelihatan,” imbuhnya.

Bupati Surunuddin mengajak seluruh masyarakat Konsel ikut memeriahkan dan berpartisipasi dalam MTQ. Para jawaranya akan mewakili Kabupaten Konsel di tingkat Provinsi Sultra bahkan hingga level nasional.

Sementara itu, Camat Konda Harlin mengapresiasi kepercayaan yang diberikan kepada Pemkab Konsel untuk menjadi tuan rumah pergelaran MTQ tingkat Kabupaten Konsel. “In Sya Allah sejak ditunjuk, kami telah berkomitmen akan melaksanakan dan menyukseskan MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Konsel,” ungkapnya.

Harlin mengaku telah berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam mempersiapkan pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten itu. “Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh kepala desa, KUA dan Polsek serta stakeholder di kecamatan Konda. Kami juga menyiapkan posko, melakukan pembersihan di seluruh desa dan pembersihan di area pelaksanaan MTQ,” pungkasnya.

Ketua FKUB Konsel, Syekh Djunaidi Arrisalah Al Asror mengapresiasi penyelenggaraan MTQ pada Maret nanti. Menurutnya, acara ini bukan hanya sekadar kompetisi membaca Al Qur’an, tetapi juga ajang untuk memperkokoh kebersamaan antar umat beragama di Konsel.

“MTQ menjadi momentum penting untuk menjalin silaturahmi, meningkatkan pemahaman akan ajaran Islam, dan merajut kerukunan antarumat beragama,” ujar Syekh Djunaidi.

Menurutnya, FKUB terus mendukung kegiatan keagamaan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kegiatan keagamaan. “Kami berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan keagamaan seperti MTQ ini agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Syekh Djunaidi.

Penyelenggaraan MTQ ini, lanjutnya, tidak hanya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Konsel, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain. Terus memperkokoh persaudaraan dan toleransi antar umat beragama.

“Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, diharapkan kegiatan serupa akan terus berlangsung dan semakin berkembang di masa mendatang,” tandas Syekh Djunaidi. (ndi/b)

  • Bagikan