Kendari Masuk 10 Besar Nasional

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup (2 dari kiri) mengikuti rakor pengendalian inflasi daerah di Command Center Balai Kota Kendari, Senin (5/2/2024). (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup (2 dari kiri) mengikuti rakor pengendalian inflasi daerah di Command Center Balai Kota Kendari, Senin (5/2/2024). (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

--Sebagai Daerah Pengendali Inflasi Terbaik

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam kendali Penjabat (Pj) Wali Kota Muhammad Yusup berhasil menekan laju inflasi. Kota Kendari masuk 10 besar nasional sebagai daerah yang sukses mengendalikan inflasi pada periode Januari 2024. Angka inflasi di Kota Kendari sekira 1,92 persen (Year on Year/YoY). Angka itu berada di bawah angka inflasi nasional sebesar 2,57 persen.

Selain inflasi, Kota Kendari juga mengalami deflasi 0,46 persen secara bulanan atau month to month (MtM). Kerja keras Pemkot Kendari dalam mengendalikan inflasi diapresiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengatakan kesuksesan mengendalikan laju inflasi daerah tak lepas dari kerja keras semua pihak. Terutama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terkait di Kota Kendari.

"Alhamdulilah, pengendalian inflasi pada bulan Januari 2024 berhasil kita kendalikan. Bahkan angkanya di bawah angka inflasi nasional," ujar Pj Wali Kota Muhammad Yusup, usai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah dengan Kemendagri secara virtual di Command Center Balai Kota Kendari, Senin (5/2/2024).

Pj Wali Kota Muh Yusup menambahkan, keberhasilan Pemkot dalam mengendalikan laju inflasi tak lepas dari berbagai upaya. Pemkot Kendari masif melaksanakan pengawasan baik terhadap distributor bahan pangan pokok dan ketersediaan bahan pangan di pasar. Selain itu, Pemkot Kendari intens melaksanakan pasar murah dan pasar pangan murah dengan melibatkan dunia usaha dan upaya-upaya konkret lainnya.

"Terakhir kita melaksanakan gerakan menanam komoditas cepat panen seperti cabai, tomat, bawang, sayur-sayuran dan lain-lain. Gerakan itu terus kita gencarkan. Saya juga meminta TPID Kota Kendari agar memberikan progres report kepada saya secara berkala," kata Pj Wali Kota Muh Yusup.

Dalam video conference, Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Balaw mengapresiasi daerah yang sukses mengendalikan inflasi daerah termasuk Pemkot Kendari." Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh kepala daerah yang bisa menekan angka inflasinya sampai saat ini,” ujarnya, kemarin.

Tomsi Tohir Balaw juga berpesan kepada kepala daerah yang angka inflasinya masih di atas rata-rata nasional agar mencari penyebab permasalahan yang terjadi dan mengambil langkah-langkah maksimal untuk mengatasinya. (ags/b)

  • Bagikan