Pagi Cerah, Sore Diguyur Hujan

  • Bagikan

--13 Daerah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Curah hujan di Kota Kendari dan sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai meningkat. Hanya saja, intensitas hujan belum merata dan masih bersifat lokalan. Namun warga tetap harus hati-hati. Kendati durasi lebih singkat, tapi hujan yang mengguyur kerap disetai petir dan angin kencang.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Kendari Faizal Habibie mengatakan sebagian besar daerah telah memasuki musim peralihan. Makanya, kondisi cuaca tidak menentu. Terkadang cuaca di pagi dan siang hari cerah, namun di sore atau malam hujan lebat.

"Berdasarkan pantauan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika, esok (hari ini) Kendari dan 12 daerah lainnya diprediksi diguyur hujan. Bahkan di beberapa lokasi intensitas hujan cukup lebat disertai guntur dan angin kencang," ujar Faizal Habibie kepada Kendari Pos, Selasa (5/11).

Untuk mengantisipasi bencana sambungnya, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini. Diantaranya, Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), Kolaka Timur, Konawe Selatan (Konsel) dan beberapa daerah kepulauan (lengkap lihat grafis). Secara umum, kondisi cuaca Wilayah Sultra diprakirakan cerah berawan hingga berawan di pagi hari. Jelang sore dan malam hari, berpotensi hujan ringan sampai lebat.

"Kalau di Kolut dan Wakatobi curah hujan ringan di malam hari. Untuk suhu udara di wilayah Sultra berada pada 25 hingga 32 derajat celcius. Kelembaban udara dikisaran 65 sampai 95 persen. Angin bertiup dari Tenggara sampai Barat Daya dengan kecepatan 2 sampai 20 kilometer per jam," tutup Faizal. (c/rah)

  • Bagikan