Bappeda Sultra Bahas Satu Data Sultra Untuk Indonesia

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sultra menggelar forum Satu Data Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2023. Pertemuan yang melibatkan OPD lingkup pemprov dan instansi terkait ini, punya target mewujudkan keterpaduan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan daerah di Sultra.

Kepala Bappeda Sultra, J. Robert menjelaskan, pertemuan ini sebagai tindak lanjut amanat Perpres 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia.

"Untuk mewujudkannya, perlu didukung data akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, serta dikelola secara seksama, terintegrasi dan berkelanjutan," ungkap Robert.

Menurutnya, 2023 dan 2024 merupakan tahun perencanaan. Pasalnya, selain penyusunan RKPD dan Renja, perangkat daerah sebagai dokumen yang disusun setiap tahun, juga sedang menyusun RPJPD dan akan menyusun dokumen rancangan teknokratik RPJMD.

"Sehingga, kebutuhan data yang update, akurat, serta sesuai prinsip-prinip satu data, diperlukan sebagai bahan penyusunan dokumen tersebut," jelasnya.

Robert berharap, forum satu data ini dapat menyepakati daftar data prioritas. "Nantinya, data ini dapat dimanfaatkan untuk perencanaan, sampai dengan evaluasi pembangunan. Serta bahan penyusunan dokumen lainnya," imbuhnya. (adv)

  • Bagikan