Siswa MAN 1 jadi Peserta Terbaik Dewan Pelajar 2023

  • Bagikan
Aurelia Az Zahra Harun, Siswa MAN 1 Kendari. (MAN 1 Kendari)
Aurelia Az Zahra Harun, Siswa MAN 1 Kendari. (MAN 1 Kendari)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Siswa MAN 1 Kendari, Aurelia Az Zahra Harun, terpilih menjadi peserta terbaik 1 kategori putri, di Dewan Pelajar 2023. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang digagas oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara yang diikuti oleh 34 pelajar tingkat SMA sederajat yang berasal dari 17 kabupaten/kota guna mewujudkan pemilu damai, kritis, dan berintegritas.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo memberikan apresiasi kepada DPRD Sultra yang telah menginisiasi dan telah sukses menyelenggarakan kegiatan Dewan Pelajar tahun ini. "Terima kasih kepada DPRD Sultra yang telah mempercayakan siswa MAN 1 Kendari sebagai salah satu peserta Dewan Pelajar tahun ini. Apalagi siswa MAN 1 Kendari berhasil meraih predikat terbaik 1 kategori putri," ungkap La Tangkalalo.

La Tangkalalo menyebut bahwa kegiatan Dewan Pelajar selaras dengan 7 program prioritas Kemenag RI, yakni penguatan moderasi beragama. Oleh karena itu, menurut La Tangkalalo, rangkaian kegiatan Dewan Pelajar sangat penting untuk diikuti oleh siswa karena hal itu merupakan sebuah pembelajaran politik bagi generasi muda. Apalagi, siswa SMA sederajat kelas XII sebagian sudah masuk dalam DPT Pemilu mendatang. Sebagai pemilih pemula, mereka harus dapat memahami dan mengimplementasikan asas Pemilu Luber Jurdil.

“Siswa yang mengikuti kegiatan Dewan Pelajar akan dapat memahami proses politik yang sebenarnya. Harapannya, stigma negatif tentang dunia politik tidak akan menggerogoti pikiran para pelajar. Karena biar bagaimanapun, secara psikis, pelajar masih gampang terombang-ambing oleh pikiran dan ide-ide yang tidak menguntungkan,” ucapnya.

La Tangkalalo berharap generasi muda termasuk para pelajar bisa tumbuh sebagai generasi yang berkualitas, berjiwa kepemimpinan, dan memiliki pemahaman komprehensif yang mendalam tentang pentingnya partisipasi politik yang berintegritas.

"Saya berharap agar Aurelia dapat berbagi informasi dan memberikan pembelajaran politik bagi seluruh siswa MAN 1 Kendari," kata La Tangkalalo.

Selaku peserta sekaligus peraih predikat terbaik 1 Kategori Putri, Aurelia Az Zahra Harun, menuturkan bahwa dirinya sangat senang terpilih menjadi peserta kegiatan Dewan Pelajar. "Ini bagian dari belajar dan belajar tidak harus di kelas-kelas. Saya mendapatkan banyak ilmu selama mengikuti kegiatan ini, politik, sosial, budaya," ungkap Aurelia.

Ia pun berharap agar DPRD Sultra terus berkarya membangun daerah dan terus menginspirasi para kaum muda agar dapat menemukan ide-ide brilian sehingga dapat menjadi partisipan politik yang sehat. Terakhir, ia berharap kepada seluruh siswa MAN 1 Kendari agar organisasi-organisasi kesiswaan dapat belajar politik sehat sejak dini dalam rangka mendukung penguatan moderasi beragama di Sultra. (rls/win)

  • Bagikan