Berhasil Wujudkan Daerah Sehat

  • Bagikan
PENGHARGAAN : Pemkab Konsel ketika menerima penghargaan ajang STBM Award 2023 kategori pratama, di Jakarta yang diwakili Asisten I Setkab, H. Amran Aras. (PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS)
PENGHARGAAN : Pemkab Konsel ketika menerima penghargaan ajang STBM Award 2023 kategori pratama, di Jakarta yang diwakili Asisten I Setkab, H. Amran Aras. (PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) berhasil mewujudkan daerah yang lebih sehat dan menyehatkan warganya. Beragam upaya dilakukan, salah satunya melalui Dinas Kesehatan dengan menerapkan lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Kebijakan tersebut ternyata mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) dengan menganugerahkan Pemkab Konsel penghargaan pada ajang STBM Award 2023 untuk kategori pratama. Seremoni penyerahan penghargaan dihadiri Asisten I Setkab Konsel, H. Amran Aras.

Kepala Dinas Kesehatan Konsel, dr. Boni Lambang Pramana, mengatakan, anugerah penghargaan tersebut diraih Pemkab karena telah melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan masyarakat dan lingkungan yang bersih serta sehat. “Lima pilar STBM yang digulirkan Kementerian Kesehatan yaitu stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan makanan dan minuman rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga,” sebut dr. Boni, Senin (4/12).

Diketahui, STBM Award merupakan ajang pengakuan terhadap keberhasilan daerah atas upaya percepatan perubahan perilaku masyarakat hidup sehat.

Boni berterima kasih atas kerja sama seluruh stakeholder dan masyarakat Konsel, sehingga pihaknya mampu meraih penghargaan tersebut. “Raihan penghargaan ini bukan sekadar kerja pemerintah saja. Sebab kami tidak bisa sendiri dalam mewujudkan semua. Ini berkat dukungan stakeholder dan pihak lainnya,” ungkapnya. Ia berkomitmen, Pemkab Konsel akan terus mewujudkan masyarakat dan lingkungan yang bersih serta sehat. (c/ndi)

  • Bagikan