340 TPS Tersebar di Delapan Kecamatan

  • Bagikan
La Deni
La Deni

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Setelah tahapan kampanye pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 didimulai pada akhir November lalu, penetapan ukuran alat peraga kampanye (APK) dan titik lokasi pemasangan sudah disepakati pihak penyelenggara. Termasuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada delapan kecamatan di Wakatobi sebanyak 340 titik.

Ketua KPU Wakatobi, La Deni, menjelaskan, jumlah TPS pada Pemilu 2024 nanti, kemungkinan akan berbeda dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Jumlah TPS saat Pilkada akan berkurang.

“Kalau jumlah TPS di Wakatobi pada Pemilu 2024 sebanyak 340 TPS. Jumlah ini nanti kemungkinan akan berkurang kalau Pilkada 2024. Lokasinya tersebar pada delapan kecamatan se-Kabupaten Wakatobi,” katanya, Minggu (3/12).

Begitu juga dengan jumlah anggota KPPS, La Deni menyebut akan ada perbedaan. Dalam pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, dalam setiap TPS diproyeksi kurang lebih 400 orang pemilih. Sementara pada Pilkada, jumlahnya bertambah.

“Kalau satu TPS batasannya kurang lebih 400 pemilih, tapi saat Pilkada batasannya kemungkinan bisa sampai 800 orang. Makanya akan ada perbedaan jumlah TPS saat helatan Pemilu dan Pilkada nanti,” sambung La Deni. Untuk diketahui, pada Pilkada tahun 2020 lalu, dari 100 desa dan kelurahan di Wakatobi, jumlah TPS yang disiapkan sebanyak 274 titik. (c/thy)

  • Bagikan