FKIP UHO Sukses Helat ICMSE

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) beberapa waktu lalu, melaksanakan International Conference on Mathematics and Science (ICMSE). Dengan menghadirkan keynote speaker dari empat negara, yakni Dr. Engku Azltn Rahayu Binti Engku Arif (University Teknologi Mara, Malaysia), Sharon Dotger, Ph.D (Syracuse University, The United Stated of America), Baktiar Hasan, Ph.D (European Organisation For Research And Treatment of Cancer, Belgia) dan Dr. Kasman Arifin, M.Si (Universitas Halu Oleo Kendari.

Ketua Panitia, Lili Darlian, S.Si., M.Si mengatakan bahwa ICMSE merupakan kegiatan seminar internasional yang diselenggarakan oleh empat jurusan FKIP UHO yaitu Pendidikan Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika. “ICMSE merupakan wadah yang bertujuan untuk memotivasi para Dosen, Peneliti, Guru, Mahasiswa S1, S2 maupun S3 untuk berpartisipasi melaporkan hasil hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai bidang ilmu masing-masing,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa ICMSE telah memasuki tahun kedua dengan harapan akan diselenggarakan kembali pada tahun-tahun selanjutnya dan FKIP UHO semakin berkibar tidak hanya di kancah nasional tapi juga internasional, apalagi dia jurusan Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi akan mengajukan akreditasi internasional tahun ini. Sehingga kegiatan seperti ini sangat relevan dan membuka peluang serta menarik minat untuk menempuh pendidikan di FKIP UHO.

“Tema tahun ini adalah Trends in Mathematics and Science Education Research to Support Sustainable Development Goals,” jelasnya.

Ketua Jurusan Pendidikan Biologi itu, menyebut bahwa ICMSE merupakan salah satu ajang mempromosikan FKIP UHO ke tingkat internasional. “Mengingat ICMSE menghadirkan pembicara dari beberapa negara dan ini juga menjadi salah satu nilai tambah bagi fakultas dalam rangka pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) yang sudah ada kontrak kinerjanya antara dekan dengan rektor, makanya untuk capai IKU itu salah satunya menggelar kegiatan bertaraf Internasional seperti conference ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut secara hibrid, dengan jumlah presenter 50 dan kurang lebih 400 partisipan baik secara offline maupun online via zoom. “Presenter berasal dari kalangan dosen, praktisi pendidikan, dan mahasiswa UHO baik S1, S2 dan S3 baik dari UHO maupun dari luar UHO diantaranya dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang datang langsung ke lokasi konferensi. Demikian pula dengan partisipan ada yang berasal dari PT lain,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan