Kejar Penyelesaian Jembatan

  • Bagikan
Erlis Sadya Kencana
Erlis Sadya Kencana

--Progres Inner Ringroad Capai 54 Persen

KENDARIPOSCOID -- Masa kerja proyek jalur lingkar dalam kota atau lebih dikenal dengan inner ringroad semakin mepet. Sesuai kontrak, proyek strategis Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari ditargetkan rampung Desember 2023. Namun hingga kini, progresnya baru mencapai 54 persen. Saat ini, pengerjaannya fokus pada penyelesaian jembatan penghubung.

Meski progresnya baru separuh, Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana tetap optimis proyek ini kelar tahun ini. Termasuk jalan Kembar Kali Kadia menuju jalan ZA Sugianto. Apalagi ini masuk dalam proyek Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Makanya, pembangunannya akan benar-benar digenjot.

Diakuinya, proyek ini sempat terhenti menyusul kontraktor sebelumnya yakni PT Istaka Karya dan PT Lisindo tak mampu melanjutkan pekerjaan. Alhasil, Pemkot termasuk menunjuk kontraktor baru untuk menyelesaikan.

“Alhamdulillah dengan adanya penyedia yang baru pelaksanaan sudah jalan. Kita masih menunggu kiriman girder, balok girder dan diafragma untuk penyelesaian jembatan. Itu segera dikirim ke Kendari. Mudah-mudahan selesai tahun ini,” ungkap Erlis kemarin.

Erlis menyebut progres pekerjaan sebelumnya yang dilaksanakan kontraktor lama sudah mencapai 54 persen. Sementara sisa anggaran untuk penyelesaian pekerjaan ini sebesar Rp 93 miliar. Erlis optimis anggaran sisa bisa menyelesaikan pengerjaan hingga tuntas.

“Terakhir itu kurang lebih 54 persen, Insya Allah karena itu (sisa anggaran) ada dalam RAB tidak mungkin kita melaksanakan tidak sesuai perencanaan,” papar Elis.

“Kita harus hadapi karena memang pailid ya dan sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Siapapun bisa mengalami itu, kebetulan jatuhnya di Pemkot pekerjaan PEN. Kita harus hadapi dengan segala resiko tentunya kita didampingi APIP dan berbagai pihak yang memberi dukungan terutama Bapak Wali Kota sehingga pekerjaan bisa berjalan lagi,” sambungnya. (b/ags)

  • Bagikan